Kompas.com - 22/01/2015, 07:38 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Salah satu hal paling menarik dari Windows Phone adalah keberadaan Cortana. Kini aplikasi asisten pribadi tersebut dapat digunakan via komputer biasa atau PC.

Pemilik Windows 10 bisa menggunakan Cortana sebagai alat untuk melakukan hal apapun. Misalnya melakukan panggilan telefon via Skype atau sekadar mencatat janji di dalam kalender. Demikian dikutip KompasTekno dari Engadget, Kamis (22/1/2015).

Corporate Vice President of Microsoft Joe Belfiore menunjukkan demo tentang Cortana di tengah panggung peluncuran Windows 10. Dia cukup menyuarakan perintah yang diinginkan. Maka aplikasi asisten pribadi itu akan langsung bekerja.

Selain mengenali suara, Cortana ini juga dibuat dapat membedakan mana kata yang menggunakan tanda pagar "# " sebagai simbol. Mereka juga menambah daftar bahasa yang bisa diterjemahkan.

Cortana memiliki database yang berasal dari Bing. Aplikasi asisten pribadi ini juga bisa belajar mengenai kebiasaan penggunanya. Aplikasi ini merekam kebiasaan penggunanya, juga jejak-jejak situs mana saja yang sudah diihubungi.

Cortana rencananya juga akan disematkan dalam peramban Project Spartan (yang digadang-gadang menggantikan Internet Explorer) buatan Microsoft. Di peramban itu, Cortana bakal memiliki kemampuan seperti memberikan saran petunjuk jalan, cuaca dan sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.