Situs Berniaga.com Resmi Ditutup

Kompas.com - 26/01/2015, 11:24 WIB
Berniaga kini bergabung bersama OLX OLXBerniaga kini bergabung bersama OLX
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Situs iklan baris Berniaga.com akhirnya resmi berhenti beroperasi. Kini, semua layanan yang ada di situs tersebut sudah dialihkan ke situs jual beli Olx Indonesia.

Saat dicek oleh KompasTekno pada Senin (26/1/2015) pagi, situs Berniaga.com memang sudah tidak bisa diakses lagi. Pengguna akan diarahkan secara otomatis ke situs milik Olx Indonesia yang beralamatkan di www.olx.co.id.

Sebelumnya, menyusul kerjasama induk perusahaan masing-masing, kedua layanan tersebut memang memutuskan untuk bergabung dalam satu wadah yang sama. Kedua layanan itu beroperasi di bawah satu nama, yakni olx.co.id.

Proses penyatuan layanan ini sendiri sudah dimulai dari pertengahan Januari 2015. Meski masih bisa mengakses situs Berniaga, pengguna layanan tersebut disarankan untuk berpindah ke Olx.

Kala itu, pengguna memang sudah tidak bisa memasang iklan baris di berniaga.com. Akan tetapi, pengguna masih bisa melihat iklan baris yang telah dipasang sebelumnya.

Menjelang akhir 2014, induk perusahaan Olx dan Berniaga, yaitu Naspers dan 701 Search, menyatakan akan bergabung untuk membuat platform iklan dan jual beli online di negara Brazil, Indonesia, Thailand, dan Bangladesh.

Naspers dan 701 Search sendiri merupakan gabungan tiga perusahaan jual beli online, yaitu Schibsted, Telenor, dan Singapore Press Holdings.

Di Indonesia sendiri model kerja sama kepemilikan antara Naspers dn 701 Search akan memiliki komposisi 64 persen Naspers dan 36 persen 701 Search.

Di Indonesia, Naspers telah mengakuisisi OLX (dahulu Tokobagus.com) pada November 2012. Naspers pada saat itu mengakuisisi 65 persen saham Tokobagus.com.

Sementara untuk Berniaga.com, situs jual beli tersebut telah diluncurkan oleh 701 Search semenjak Desember 2009.

Nasib iklan dan pengguna Berniaga?

Semua iklan aktif yang ada di Berniaga.com setelah tanggal 11 November 2014 akan ditampilkan secara otomatis di situs Olx. Sementara, bagi iklan yang di-posting sebelum tanggal tersebut, pihak Olx menyarankan untuk memasang ulang iklannya di situs Olx.

Selain iklan, akun milik Berniaga.com juga akan dimigrasikan ke layanan milik Olx. Bagi pemilik akun Berniaga.com yang login ke situs tersebut tanpa melalui Facebook, pihak Olx berjanji untuk segera mengirimkan password standar melalui e-mail pengguna.

Jika sebelumnya bergabung ke Berniaga dengan menggunakan akun Facebook, pengguna tidak perlu mendaftar ulang. Mereka bisa langsung login dengan menggunakan akun Facebook tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X