Google: Indonesia Pertama di Dunia Dapat Android 5.1

Kompas.com - 04/02/2015, 15:38 WIB
VP Android & Chrome, Caesar Sangupta memastikan Android 5.1 hadir pertama kali di Indonesia dalam  acara jumpa pers di kantor Google, bilangan Senayan, Jakarta, Rabu (4/2/2015). Oik Yusuf/KOMPAS.comVP Android & Chrome, Caesar Sangupta memastikan Android 5.1 hadir pertama kali di Indonesia dalam acara jumpa pers di kantor Google, bilangan Senayan, Jakarta, Rabu (4/2/2015).
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Ponsel murah Android One dari Google akan segera hadir di Indonesia melalui tiga brand lokal. Selain menjadi produk Android One pertama di Tanah Air, ponsel-ponsel tersebut disinyalir bakal menjadi platform perdana bagi sistem operasi mobile terbaru Google, Android 5.1.

Kabar ini dibenarkan oleh VP Android & Chrome, Caesar Sangupta, saat dijumpai Kompas Tekno dalam acara jumpa pers di kantor Google, bilangan Senayan, Jakarta, Rabu (4/2/2015).

"Ya, benar, ponsel-ponsel Android One di Indonesia bakal menjadi yang pertama dengan Android 5.1," kata Sangupta. "Dalam waktu bersamaan, ponsel-ponsel Android One di India juga akan mendapatkan update sistem operasi ini," tambah dia.

Menurut keterangan dari pihak Google, Android 5.1 yang sama-sama bernama "Lollipop" seperti versi 5.0 terdahulu bakal mengusung peningkatan performa untuk perangkat Android One.

"Performa perangkat akan lebih mulus dibanding sebelumnya, kami juga menerapkan perbaikan bug," jelas Consumer Marketing Manager Google Indonesia, Sandy Tantra.

Android 5.1 akan hadir pertama kali di Indonesia melalui perangkat Android One dari Nexian, Journey, yang rencananya akan diperkenalkan sore ini (4/2/2015). Merek lokal berikutnya, Evercoss, akan menyusul besok dengan produk One X yang juga dibekali sistem operasi teranyar itu.

Selain Android 5.1, Sangupta menjanjikan perangkat Android One bakal terus mendapat pembaruan sistem operasi terkini dari Google, termasuk Android M yang menurut dia juga akan dirilis pada 2015.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Nanti, kami akan pikirkan nama apa untuk sistem operasinya, mungkin diambil dari nama buah-buahan, hahaha," ujarnya sambil bercanda.

Baca juga:
Ini Tampilan Lollipop 5.1 di Android OneDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.