Smart TV "Mata-matai" Pengguna, Ini Kata Samsung

Kompas.com - 09/02/2015, 15:09 WIB
Samsung Smart TV AmazonSamsung Smart TV
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Televis pintar buatan Samsung dilaporkan bisa memata-matai penggunanya. Perangkat rumah tangga yang terhubung ke internet itu mampu mencatat percakapan apa saja yang mereka dengar.

Smart TV tersebut memang memiliki fitur voice recognition yang membuatnya bisa mengenali perintah suara pengguna. Namun, ternyata kemampuan fitur tersebut lebih tinggi dari yang dibayangkan.

Seperti dikutip KompasTekno dari The Daily Beast, Senin (9/10/2014), Samsung sendiri sudah memperingatkan soal kemampuan tak biasa itu. Peringatan tersebut tertulis dalam laman kebijakan prisasi untuk Smart TV karya raksasa elektronik Korea Selatan tersebut.

"Mohon diwaspadai bahwa kata-kata Anda, termasuk hal pribadi atau informasi sensitif lainnya termasuk pada golongan data yang dicatat dan dikirimkan ke pihak ketiga menggunakan fitur voice recognition," tulis Samsung.

Aktivitas merekam suara tersebut mereka lakukan untuk mengembangkan fitur voice command pada TV. Meskipun begitu, tidak jelas kepada siapakah Samsung mengirimkan percakapan yang telah diubah menjadi teks itu.

Namun dalam konfirmasinya kepada The Daily Beast, perusahaan Korea Selatan itu mengatakan bahwa konsumen masih punya pilihan dan privasi masih bisa dijaga.

Mereka menjamin, "Semua Smart TV buatan kami dibekali standar keamanan industri, termasuk enkripsi data untuk mengamankan informasi pribadi pengguna serta mencegah informasi tersebut digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Voice recognition, yang membuat pengguna bisa mengendalikan TV menggunakan suara, adalah fitur Samsung Smart TV yang dapat dinyalakan atau dipadamkan. Pemilik TV juga bisa memutus TV dari jaringan WiFi," imbuhnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X