BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

April 2015, Pabrik Oppo Beroperasi di Indonesia

Kompas.com - 01/03/2015, 15:49 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Oppo terus menggenjot proses persiapan pabrik perakitannya di kawasan Mauk, Tangerang, Banten. Harapannya, target pengoperasian pabrik tersebut pada April 2015 mendatang bisa tercapai.

Menurut Aryo Meidianto, Media Engagement Oppo Indonesia, saat ini Oppo sedang menunggu kedatangan mesin-mesin produksi perangkat. Mesin tersebut dijadwalkan untuk tiba di Indonesia pada 1-2 bulan mendatang, bertepatan dengan target operasional dari pabrik ini.

"Mesin (dalam) satu atau dua bulan sudah akan datang," ujar Aryo.

Gedung pabrik Oppo sendiri sebenarnya sudah rampung sejak lama. Pasalnya, perusahaan asal Tiongkok tersebut membeli gedung bekas pabrik dari produsen perlengkapan olahraga. Oppo hanya melakukan berbagai renovasi pada pabrik yang memakan lahan seluas 27.000 meter persegi tersebut.

Oppo membangun sekitar 10 jalur produksi untuk pabriknya ini. Dari jalur-jalur tersebut, Oppo menargetkan akan "lahir" 500.000 unit ponsel Oppo setiap bulannya.

Belum jelas diketahui ponsel seri Oppo apa saja yang akan diproduksi di pabrik tersebut. Akan tetapi, Aryo berharap, suatu saat pabrik ini akan memproduksi semua lini produk Oppo.

Lebih lanjut, Aryo menjelaskan bahwa pabrik itu lebih ditujukan untuk memenuhi peraturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40 persen yang disyaratkan oleh pemerintah pada awal 2017 mendatang.

Saat ini, Aryo mengaku bahwa produk Oppo baru memenuhi TKDN sebesar 25 persen. TKDN tersebut berasal dari aplikasi buatan lokal, service center, dan toko retail mandiri.

"Apapun persyaratan dari pemerintah akan kami penuhi," kata Aryo.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.