Update Chrome untuk Android 4.0 Dihentikan

Kompas.com - 05/03/2015, 09:23 WIB
Ilustrasi GeekInsider.comIlustrasi
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Google resmi menghentikan pembaruan piranti lunak untuk peramban Chrome yang ada di sistem operasi Android 4.0 atau Ice Cream Sandwich (ICS). Versi terakhir yang masih dapat digunakan pada OS tersebut adalah Chrome 42.

"Tahun lalu kami menemukan bahwa jumlah pengguna Chrome pada perangkat yang mengadopsi sistem operasi ICS sudah berkurang hingga 30 persen. Mendukung ICS dan mengembangkan fitur baru untuk ponsel yang sudah tua merupakan hal yang sulit serta mengurangi waktu kami untuk membuat sesuatu yang baru," tulis Google dalam blog resminya.

"Jadi, dengan perilisan Chrome 42, kami akan berhenti membuat pembaruan peramban Chrome pada gawai ICS. Meskipun sudah tidak ada pembaruan aplikasi, pengguna ICS akan tetap bisa menggunakan peramban Chrome tersebut," imbuhnya.

Dikutip KompasTekno dari TheNextWeb, Kamis (5/3/2015), saat ini sekitar 5,9 persen pengguna Android memakai sistem operasi versi 4 atau ICS.

Pembaruan piranti lunak biasanya dilakukan dengan tujuan memperbaiki bug atau masalah-masalah yang muncul pada sebuah aplikasi.

Keputusan Google untuk menghentikan pembaruan tersebut dinilai tepat, mengingat hanya akan mempengaruhi sedikit pengguna. Sementara itu, membuat serta menyiapkan pembaruan untuk sebuah aplikasi bisa memakan banyak sumber daya.

Pengguna yang masih menggunakan sistem operasi ICS, masih dapat beralih ke peramban lain yang mendukung. Pilihan peramban selain Chrome, antara lain adalah Firefox for Android, Opera atau Baidu.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X