#SaveHajiLulung Masih Merajai Indonesia dan Dunia

Kompas.com - 07/03/2015, 13:38 WIB
Abraham Lunggana. Kompas.com/Kurnia Sari AzizaAbraham Lunggana.
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Tagar #SaveHajiLulung telah mengudara sejak Kamis (5/3/2015) malam, pasca kericuhan dalam mediasi Ahok dengan DPRD DKI.

Pantauan KompasTekno, hingga Sabtu (7/3/2015) pukul 12.00 WIB, tagar tersebut belum menghilang alias masih bertahan sebagai Trending Topic Twitter Indonesia dan dunia. Ini berarti sudah lebih dari 30 jam, tagar ini bertahan di daftar kata terpopuler di Twitter.

Pada Trending Topic Indonesia, tagar tersebut masih anteng merajai posisi pertama. Sementara di Trending Topic Worldwide tampak bahwa tagar #SaveHajiLulung bertengger di posisi kedua.

screenshot
Tagar #SaveHajiLulung jadi topik paling banyak dibicarakan di dunia dan di Indonesia
Trending Topic merupakan adalah cara Twitter menunjukkan topik yang menjadi percakapan paling ramai di layanan microblogging-nya dalam bentuk tanda pagar. Tagar yang diawali sendiri "#save" kerap digunakan untuk mendukung lembaga atau tokoh tertentu, seperti #SaveKPK dan #SaveAhok.

Tapi tampaknya fenomena #save kali tidak berlaku. Mayoritas netizen menggunakan tagar #SaveHajiLulung sebagai guyonan atas tindakan dan omongan politikus PPP itu.

Bentuk guyonan itu bermacam-macam. Mulai dari meme yang berisi foto haji Lulung, foto dinding-dinding kastil dari permainan Clash of Clans yang dimodifikasi, hingga meme polisi wanita yang diidentikkan dengan quote "di situ kadang saya merasa sedih".

screenshot
Salah satu guyonan tagar #SaveHajiLulung yang menggunakan kastil dari permainan Clash of Clans
"Kalo haji lulung dihadang begal, malah begalnya yg ngasih motor dan dompet sampe kolor2nya #SaveHajiLulung," kicau akun @AlfreddoDeBocori.

"Haji lulung mau masak mie, mie nya mateng sendiri udah di piring #SaveHajiLulung," tulis akun @adellaprilya.

"Can somebody wrap up and select Top 10 #SaveHajiLulung meme? This nation's sense of humor is just great. Haha!," komentar akun @IBenImages

Ahok dan DPRD

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X