Kompas.com - 19/03/2015, 14:52 WIB
Technical Manager, Consumer Business Group Lenovo Indonesia, Azis Wonosari menunjukkan Thinkpad X1 Carbon di Jakarta, Kamis (19/3/2015). Yoga Hastyadi/KOMPAS.comTechnical Manager, Consumer Business Group Lenovo Indonesia, Azis Wonosari menunjukkan Thinkpad X1 Carbon di Jakarta, Kamis (19/3/2015).
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Laptop ThinkPad X1 Carbon buatan Lenovo resmi masuk Indonesia dan akan mulai dijual pada 1 April mendatang. Komputer jinjing super ringan dan tipis itu berbobot hanya 1,3 kilogram.

Secara ukuran layar, X1 Carbon cukup besar karena memiliki bentang layar 14 inci. Chief Operational Officer Lenovo Indonesia Sandy Lumy mengatakan bobot tersebut tergolong ringan dibanding laptop lain berukuran layar sejenis.

"Kita pilih form factor 14 karena itu yang umum. Dengan ukuran 14, tidak berarti berat karena X1 Carbon termasuk the lightest dalam ukuran 14 inci. Bobotnya sama dengan laptop yang berukuran 13 inci," jelasnya dalam ajang The Evolution of Thinkpad, Kamis (19/3/2015).

X1 Carbon menggunakan dapur pacu prosesor Intel Core i7 generasi kelima dengan RAM 8 GB. Ultrabook yang dibanderol Rp 27 juta itu pun sudah menggunakan media penyimpanan berjenis solid state drive (SSD).

Yoga Hastyadi/KOMPAS.com
Hanya ada dua port USB pada Thinkpad X1 Carbon.
Lenovo menghilangkan sejumlah port pada ultrabook X1 Carbon sehingga dapat mencapai ketebalan17,7 milimeter.

"Khusus Yoga dan X1, karena didesain sangat tipis jadi kami hilangkan beberapa port, seperti VGA karena port ini membuat perangkat jadi sangat tebal," ujar Technical Manager, Consumer Business Group Lenovo Indonesia, Azis Wonosari.

Namun pengguna masih bisa memperoleh dua port USB berkecepatan tinggi dan port HDMI. Pengguna yang ingin memperbanyak port atau menyambungkan ultrabook ini dengan proyektor VGA pun bisa menggunakan Onelink Adaptor, yang merupakan hub dengan konektivitas VGA, Ethernet dan Power Port.

"Ini merupakan inovasi baru Lenovo untuk mengurangi konektor. Dengan satu konektor yang keluar akan terlihat bahwa notebook itu lebih clean, tanpa banyak kabel," terang Azis.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.