Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Mengatasi WiFi Tidak Terdeteksi di Laptop dengan Mudah, Jangan Panik

Kompas.com - 10/04/2024, 15:02 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat panduan dasar untuk mengatasi beberapa persoalan saat mengoperasikan laptop. Salah satu panduan dasar itu seperti cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di laptop. Pengguna sangat mungkin menjumpai masalah WiFi laptop tidak muncul.

Dalam kondisi normal, saat WiFi di laptop diaktifkan, laptop bakal mendeteksi sejumlah perangkat router untuk mengakses internet yang terdapat di sekitarnya. Setelah terdeteksi, pengguna bisa langsung menyambungkan laptop dengan WiFi.

Baca juga: 11 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop untuk Berbagai Model dengan Mudah

Akan tetapi, dalam kondisi tertentu, laptop bisa saja tidak mendeteksi WiFi di sekitarnya, padahal tersedia. Saat WiFi tidak muncul di laptop, pengguna akhirnya tidak dapat mengakses jaringan internet.

Lantaran jadi sulit mengakses jaringan internet, masalah WiFi tidak terdeteksi di laptop tentu bakal membuat repot pengguna. Namun, seandainya mengalami masalah ini, pengguna tak perlu panik karena sejatinya terdapat solusi yang bisa dilakukan.

Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga saat mengalami masalah ini, pengguna penting untuk mengetahui cara memunculkan WiFi di laptop saat tidak terdeteksi. Lantas, bagaimana cara memunculkan WiFi di laptop?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di laptop dengan mudah dan praktis.

Penyebab WiFi laptop tidak muncul

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya pengguna memahami dulu beberapa penyebab WiFi laptop tidak muncul. Lantas, mengapa WiFi di laptop hilang? Ada beberapa penyebab yang membuat masalah WiFi tidak terdeteksi di laptop bisa terjadi.

Adapun penyebab WiFi tidak terdeteksi di laptop yang paling umum terjadi adalah posisi laptop terlampau jauh dengan perangkat router, sehingga tidak dapat menangkap sinyal WiFi secara optimal.

Kemudian, penyebab WiFi laptop tidak muncul adalah terdapat gangguan pada sistem laptop. Selain itu, gangguan yang bisa membuat sinyal WiFi lemot di laptop juga bisa datang dari router yang digunakan.

Selanjutnya, penyebab WiFi laptop tidak muncul bisa juga dikarenakan terdapat kerusakan komponen kartu WiFi pada laptop. Komponen tersebut berfungsi untuk menangkap sinyal router. Jika rusak, laptop tidak akan bisa menangkap dan mendeteksi WiFi.

Itulah beberapa penyebab WiFI laptop tidak muncul. Penyebab-penyebab itu perlu diketahui pengguna untuk menentukan solusi yang dapat dilakukan nantinya. Untuk cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di laptop, penjelasannya bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di laptop

Cara memunculkan WiFi di laptop yang tidak terdeteksi itu pada dasarnya cukup mudah. Ada beberapa pilihan cara yang dapat dilakukan pengguna untuk mengatasi masalah WiFi laptop tidak muncul.

Misalnya, pengguna bisa meletakkan router secara tepat agar dekat dengan laptop. Dengan demikian, laptop dapat menerima sinyal WiFi dari router secara optimal. Kemudian, pengguna juga bisa restart router untuk mengatasi gangguan.

Selain itu, masih terdapat banyak lagi cara yang bisa dilakukan pengguna. Adapun penjelasan yang lebih detail soal beberapa cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di laptop adalah sebagai berikut.

1. Posisikan router dengan benar

Posisi router di sebuah ruangan sangat penting diperhatikan. Misalnya, jika router ditempatkan di sudut rumah yang jauh dari jangkauan, kemungkinan besar, sinyal WiFi bakal tidak bisa ditangkap dengan baik di laptop.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com