Mencicipi Foto ala Macro di Oppo R5

Kompas.com - 23/03/2015, 16:34 WIB
Kamera Oppo R5 dibekali sejumlah fitur tambahan, salah satunya adalah Super Macro Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comKamera Oppo R5 dibekali sejumlah fitur tambahan, salah satunya adalah Super Macro
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Oppo R5 bukan cuma berbekal bodi seksi setipis 4,95 milimeter. Ponsel bersistem operasi Android ini juga punya bekal kamera utama berkekuatan 13 megapiksel dengan segudang fitur tambahan yang bisa diunduh pengguna.

Salah satu fitur tambahan yang bisa diunduh bernama Super Macro. Seperti namanya, fitur ini membuat kamera Oppo R5 dapat membuat objek yang berukuran kecil jadi lebih jelas.

Namun jangan berharap fitur seperti ini membuat kamera ponsel benar-benar menjadi alat memotret macro. Bila Anda ingin memotret macro yang sesungguhnya, tentu saja lebih baik menggunakan seperangkat lensa macro dan kamera single lens reflex (SLR).

KompasTekno, Senin (23/3/2015) sempat mencicipi rasanya menggunakan kamera Oppo R5 dan menyimpulkan Super Macro merupakan mode yang berguna untuk menambah variasi dalam kamera ponsel. Dengan catatan, mode ini tidak membuat pengguna benar-benar bisa memotret objek sekecil semut atau seekor ulat bulu.

Pengguna kamera ponsel hanya akan merasakan objek foto dapat terlihat lebih dekat, seperti menggunakan zoom. Jarak fokus minimal pun berubah menjadi sekitar 13-20 sentimeter, namun gambar dalam kondisi zoom yang seolah hanya 2-5 sentimeter dari objek foto.

Latar belakang objek foto pun bisa menjadi blur, seolah menggunakan kamera utuh. Untuk ukuran kamera telepon genggam, blur yang dihasilkan cukup baik dan membantu mengisolasi objek foto.

Misalnya pada foto bunga rumput berikut ini. Bagian yang fokus, yaitu pada bunga rumput terlihat cukup jelas. Foto ini diambil dengan jarak sekitar 14 sentimeter dari objek foto, namun perbesaran yang dihasilkan fitur Super Macro membuatnya seolah dipotret dari jarak sekitar 5 sentimeter dari objek.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com
Oppo R5 punya fitur Super Macro yang cukup efektif digunakan untuk memburamkan latar belakang objek foto
Hasilnya memang tidak sempurna bila membandingkan dengan kamera advance pocket, mirrorless, atau digital SLR. Masih ada kekurangan dari sisi noise, gambar yang kurang detil dan tidak tajam meski pada titik fokus, juga kontras yang kurang apik.

Tapi secara kegunaan, fitur ini menarik karena berada dalam ponsel genggam yang selalu dibawa setiap saat. Hasil yang memang masih punya sejumlah kelemahan itu pun cukup baik bila hanya diedit untuk diunggah ke media sosial, seperti Instagram atau Path.

Berikut ini sejumlah contoh lain foto yang diambil menggunakan mode Super Macro pada kamera Oppo R5.

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com
Saat digunakan dalam ruangan dengan cukup cahaya, kamera Oppo R5 menghasilkan foto yang cukup tajam
Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com
Mode macro pada kamera ponsel Oppo R5 mirip dengan zoom, membuat objek foto tampak lebih dekat

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com
Noise pada hasil foto menggunakan mode Super Macro ini terlihat cukup jelas

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X