Kompas.com - 01/04/2015, 16:37 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Jam pintar Apple Watch memang mengundang rasa penasaran dari berbagai pihak. Bahkan CEO Sony Mobile pun, yang merupakan salah satu pelopor di ranah wearable device, menaruh "harapan" pada gadget yang satu ini.

"Saya sangat memperhatikan bagaimana kiprah Apple Watch nantinya. Saya pikir ia akan membantu mendorong pertumbuhan pasar (wearable device)," kata CEO Sony mobile Communications Hiroko Totoki dalam sesi wawancara dengan Kompas Tekno di Jakarta, Rabu (1/4/2015).

Totoki mengaku penasaran dengan Apple Watch lantaran produk-produk Apple dipandangnya memberi kontribusi signifikan pada perkembangan industri gadget mobile. Dia mencontohkan smartphone Apple (iPhone) yang membantu pertumbuhan bisnis ponsel pintar di seluruh dunia.

"Faktanya adalah industri smartphone bisa sebesar sekarang ini, antara lain adalah berkat kontribusi Apple juga. Maka, bukan hanya kami, tapi para kompetitor kami pun tertarik memperhatikan seperti apa kiprah Apple Watch ini nantinya," tegas dia.

Kedatangan Apple Watch dipandang Totoki sebagai hal penting yang akan mendorong momentum bisnis wearable device di ranah teknologi. Ini karena pasar wearable device, menurut dia, sekarang masih sangat kecil dibandingkan dengan smartphone.

Totoki memperkirakan pasar wearable device baru berkisar 5 persen dari total pasar smartphone dunia yang mencapai angka 1,3 miliar unit.

"Banyak pemain yang terjun ke ranah ini (wearable device) tanpa mengembangkan pasarnya terlebih dahulu... Ke depannya saya yakin bisnis ini akan tumbuh, tapi untuk sekarang masih kecil, emerging market," tambahnya.

Totoki turut menyoroti masuknya Apple ke pasar jam tangan mewah melalui Apple Watch Edition yang dibanderol dengan harga mencapai belasan ribu dollar AS. Langkah yang memicu pabrikan jam tangan mewah untuk menelurkan berbagai macam produk "smartwatch" ini menurutnya bakal memberi gambaran tentang seperti apa produk yang diminati pasar nantinya.

"Para konsumen akan bisa memilih produk mana yang sesuai dengan selera mereka," ujarnya.

Sony Mobile sendiri merupakan salah satu pionir di bidang wearable device. Pabrikan asal Jepang ini telah memasarkan produk jam pintar bernama SmartWatch sejak beberapa tahun lalu. Belakangan, Sony juga menambah wearable device buatannya hingga ikut mencakup gelang pintar, serta yang terbaru berupa kacamata augmented reality bernama SmartEyeGlass.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.