Kompas.com - 06/04/2015, 08:07 WIB
OxygenOS resmi diperkenalkan oleh OnePlus, Jumat (3/4/2015) OnePlusOxygenOS resmi diperkenalkan oleh OnePlus, Jumat (3/4/2015)
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Vendor smartphone Tiongkok, OnePlus resmi merilis versi awal sistem operasi mobile ciptaan-nya sendiri, OxygenOS.

Sistem operasi tersebut merupakan versi modifikasi dari Android 5.0 Lollipop, yang dioptimalkan untuk perangkat smartphone buatan mereka, yaitu OnePlus One.

Akun Twitter resmi Co-founder OnePlus, Carl Pei mengonfirmasi dirilisnya OxygenOS tersebut pada Sabtu (4/4/2015).

"Deep breath. OxygenOS is here" begitu tulis Pei melalui akun Twitternya, disertai dengan tautan menuju blog OnePlus yang menjelaskan tentang OxygenOS.

Dalam blog resmi tersebut, OnePlus mendeskripsikan OxygenOS dengan istilah "back to basic," serta "light and essential."

"Dengan membuat sistem operasi sendiri, maka kami bisa merespon masukan pengguna," demikian tulis Carl Pei seperti dikutip KompasTekno dari blog OnePlus pada Kamis (3/4/2015).

"Tujuan kami membuat OxygenOS adalah untuk memberikan update yang lebih cepat dan berarti, serta layanan terintegrasi yang lebih baik untuk semua pengguna OnePlus," imbuh Pei.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, OnePlus bekerjasama dengan Cyanogen untuk memasok sistem operasi smartphone-nya. Cyanogen adalah tim yang membuat custom ROM Android untuk smartphone-smartphone populer.

Custom ROM buatan Cyanogen, yaitu CyanogenMod, dikenal memiliki performa yang lebih cepat dibanding OS stok Android yang dipakai vendor-vendor smartphone.

Kini, OnePlus juga membuat OS versi mereka sendiri dan akan digunakan untuk semua lini smartphone-nya yang akan dirilis di masa mendatang.

OxygenOS bisa diunduh melalui URL https://oneplus.net/oxygenos, pengguna juga bisa membaca panduan cara instalasinya di tautan berikut ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X