Opera dan Evercoss Bagi-bagi Internet Gratis

Kompas.com - 20/05/2015, 15:55 WIB
Deliusno/Kompas.com (Kiri) Ivollex Hodiny, Growth Director Opera, dan Ricky Tanudibrata, Chief Marketing Officer Evercoss, saat mengumumkan program Sponsored Web Pass di Jakarta, Rabu (20/5/2015).
JAKARTA, KOMPAS.com - Vendor ponsel lokal Evercoss bekerjasama dengan peramban Opera dan operator Telkomsel menghadirkan sebuah program internet gratis bernama Sponsored Web Pass.

Akan tetapi, tidak semua perangkat bisa digunakan untuk memanfaatkan feature phone tersebut. Hanya perangkat yang berjenis feature phone saja yang bisa digunakan untuk menikmatinya.

"Tujuan kita adalah untuk bisa memberikan sarana smartphone (browsing atau berselancar di dunia maya) untuk feature phone," tutur Ricky Tanudibrata, Chief Marketing Officer Evercoss dalam acara pengenalan fitur tersebut di Jakarta, Rabu (20/5/2015). Menurutnya, saat ini memang masih banyak pengguna feature phone yang belum membeli paket data untuk perangkatnya.

Program Sponsored Web Pass ini nantinya akan memberikan paket data gratis bagi para pengguna Opera Mini di feature phone. Pengguna tersebut nantinya diizinkan untuk membuka semua situs yang ada di dunia maya, tetapi dengan beberapa batasan tertentu.

Besarnya paket data gratis yang disediakan adalah 15 MB atau browsing selama 3 jam. Pengguna juga tidak dapat menonton video secara streaming dan mengunduh konten.

"Jika ingin terus menggunakan internet, pengguna bisa membeli paket data lain, entah itu untuk satu hari, satu minggu, atau satu bulan," ujar Ivollex Hodiny, Growth Director Opera kepada KompasTekno.

Langkah yang harus ditempuh untuk mendapatkan program Sponsored Web Pass ini tidaklah sulit. Pengguna hanya perlu menggunakan kartu SIM dari Telkomsel dan aplikasi Opera di feature phone apapun, tidak harus produk ponsel dari Evercoss.

Deliusno/Kompas.com Tampilan Opera di feature phone
Kemudian, pengguna cukup mengklik aplikasi tersebut dan akan dihadapkan dalam layar pilihan paket data. Pilih "Internet Gratis dari Evercoss", isi survei yang diberikan, dan pengguna sudah bisa langsung menggunakan internet secara gratis.

Jika ingin membeli paket data, ada beberapa pilihan lain yang tersedia dalam layar Home. Satu hal yang harus diingat, promosi ini hanya dapat digunakan satu kali dan hanya berlangsung hingga 2 minggu ke depan.

Demi menarik pengguna feature phone beralih ke smartphone

Apa tujuan Evercoss dan Opera dalam menghadirkan program tersebut? Menurut Ricky, hal tersebut dilakukan semata-mata untuk menggoda pengguna feature phone beralih ke smartphone.

Dengan merasakan kemampuan mengakses internet yang dimiliki oleh smartphone, ia berharap pengguna akhirnya mau bermigrasi ke perangkat yang lebih "pintar".

Saat sudah "ketagihan" menggunakan internet, pengguna diharapkan mau beralih ke smartphone.

"Kita tidak minta mereka lansung pindah, tapi melalui Opera kita bisa memberikan akses internet gratis kepada pengguna feature phone," ujar Ricky.

Menurut data yang dimiliki Ricky, saat ini pengguna ponsel jenis itu masih mendominasi di Indonesia, masih sekitar 54 persen.

"Di akhir tahun ini, kita berharap jumlahnya sudah terbalik. Kita ingin pengguna smartphone yang sudah ada di angka 54 persen," pungkasnya.



PenulisDeliusno
EditorReza Wahyudi

Close Ads X