Situs Pengawas Internet Indonesia Dijahili Hacker

Kompas.com - 25/05/2015, 10:11 WIB
|
EditorReza Wahyudi


JAKARTA, KOMPAS.com
- Situs resmi Indonesia Security Insident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) dijahili hacker. Tampilan situs pengawas internet Indonesia tersebut pun diubah.

Pantauan KompasTekno saat mengakses situs beralamat di http://www.idsirtii.or.id tersebut, Senin (25/5/2015), halaman utamanya telah berganti dengan foto sosok tanpa wajah yang mengenakan jaket berwarna abu-abu. Sementara itu latar belakang situs pun berubah menjadi hitam seluruhnya.

Pada bagian atas foto tersebut dibubuhi tulisan "Just A Dream", sementara di bagian bawahnya terdapat kode "=( h3ll_id )=".

Pada bagian tab yang mestinya menampilkan nama situs, kini justru berganti dengan tulisan "Hacked by h3ll_id" yang berarti diretas oleh "hell_id".

Ketika situs terbuka, terdengar musik yang secara otomatis diputar. Tak ada keterangan apapun mengenai motif dan tujuan sang peretas.

ID-SIRTII sendiri merupakan lembaga yang dibentuk untuk mengamankan jaringan telekomunikasi dengan memanfaatkan internet. Tugas mereka meliputi pemantauan, deteksi dini, dan peringatan dini mengenai ancaman melalui internet di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.