Kompas.com - 26/05/2015, 13:14 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Apple dan Foxconn disebut akan mendirikan pabrik perakitan baru di luar Tiongkok. Pabrik tersebut rencananya terletak di India.

Dikutip KompasTekno dari Cult of Mac, Selasa (26/5/2015), saat ini pemerintah setempat disebut telah mengizinkan Foxconn untuk membangun fasilitas perakitan iPhone "made in India". Pabrik perakitan di Maharashta, salah satu negara bagian dengan populasi terbesar di India, itu pun akan mendapat suntikan dana dari pemerintah.

Keberadaan pabrik di India itu dinilai menguntungkan bagi ketiga pihak yang terlibat. Foxconn bisa saja mendapatkan keringanan pajak, mengingat pemerintah setempat memiliki minat besar untuk menjalin bisnis.

Sedangkan Apple, memperoleh pijakan baru di salah satu pasar smartphone terbesar di dunia. Populasi negara tersebut tercatat lebih dari 17,5 persen total populasi dunia.

Bagi India, pabrik manufaktur ponsel di dalam negeri merupakan kesempatan memperbanyak lapangan pekerjaan bagi warganya.

"India merupakan salah satu negara dengan jumlah ponsel terbesar di dunia, tapi dari jumlah itu hanya tujuh persen saja yang dirakit di dalam negeri. Sisanya diimpor," terang Ketua Menteri Maharashta Devendra Fadnavis.

"Negeri kami dengan cepat menjadi padat, jadi Perdana Menteri (Narendra Modi) kami menunjukkan visi untuk mengubahnya kota-kota di dalamnya menjadi lebih cerdas. Maharashta, sebagai salah satu kota yang menyumbang kepadatan di India, menyambut baik para ahli dan investasi dari Tiongkok," imbuhnya.

Selain pendirian pabrik, ada juga kemungkinan bahwa Apple juga mendirikan pusat riset dan pengembangannya di Negeri Anak Benua itu.

Baru-baru ini, Menteri Komunikasi dan Informatika India Ravi Shankar Prasad bertemu dengan bos Apple untuk bagian Eropa, Timur Tengah, India dan Africa untuk mendorong mereka membangun pusat riset di sana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.