Kompas.com - 25/06/2015, 10:54 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertama kali diperkenalkan pada ajang Mobile World Congress 2015, awal Maret lalu, Sony Xperia Z4 Tablet telah resmi memasuki pasaran Indonesia lewat acara peluncuran di Jakarta, Rabu (24/6/2015) kemarin.

Banderol Xperia Z4 Tablet di Indonesia mencapai Rp 10 juta. Angka tersebut terbilang cukup mahal untuk sebuah tablet Android. Apa yang membuat perangkat ini demikian istimewa sehingga layak ditebus dengan harga tersebut?

Direktur dan kepala pemasaran Sony Mobile Communications Jason Smith mengatakan bahwa Xperia Z4 tablet memiliki sejumlah kelebihan yang termasuk unik di ranah tablet, seperti ketahanan terhadap debu dan air dengan sertifikasi IP68.

“Tablet ini juga termasuk yang tertipis dan teringan di dunia. Ia sangat gampang dibawa-bawa,” ujar Smith ketika ditemui KompasTekno di sela-sela acara.

Memang, dengan bobot tak sampai 400 gram, Xperia Z4 Tablet termasuk enteng untuk ukuran tablet 10 inci (resolusi layar 2560x1440). Demikian pula dimensi ketebalannya yang hanya 6,1 mm, lebih tipis dari kebanyakan smartphone yang beredar di pasaran.

Di balik tubuh rampingnya, Xperia Z4 Tablet menyimpan jeroan bertenaga yang serupa dengan “saudaranya”, smartphone Xperia Z3+, yakni prosesor octa-core 64-bit Qualcomm Snapdragon 810 dipadu RAM 3GB dan media penyimpanan 32 GB.

Oik Yusuf/ Kompas.com Sony Xperia Z4 Tablet dengan aksesoris Bluetooth Keyboard

Konektivitas 4G LTE dengan slot nano-SIM, dukungan kartu memori micro-SD hingga 128GB, serta kamera 8 megapiksel dan 5 megapiksel menggenapi deretan spesifikasi Xperia Z4 Tablet.

Sony juga menyediakan aksesori pendamping berupa keyboard Bluetooth yang bisa menyulap Xperia Z4 Tablet menjadi serupa laptop mini. Tapi aksesori ini mesti dibeli terpisah dengan harga Rp 2 juta.

Mengenai harga jual Xperia Z4 Tablet, Smith mengaku tak risau. “Perangkat ini kami tujukan untuk kalangan advanced yang mengerti teknologi. Mereka tahu betul apa nilai-nilai lebih dari sebuah tablet,” tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.