Kompas.com - 05/07/2015, 09:59 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Bersamaan dengan dirilisnya pembaruan iOS 8.4, Apple menghadirkan sebuah layanan yang sudah cukup lama dinantikan, yaitu Apple Music. Sayangnya, ada sedikit masalah yang dibawa oleh layanan itu.

Seperti dikutip KompasTekno dari Ubergizmo, Jumat (3/7/2015), mendengarkan musik secara streaming menggunakan aplikasi Apple Music dilaporkan membuat baterai iPhone lebih cepat habis ketimbang biasanya.

Penurunan baterai yang dirasakan oleh setiap pengguna tentunya berbeda-beda, tetapi tetap menunjukkan angka yang cukup drastis. Satu pengguna menyatakan baterainya berkurang hingga 22 persen hanya dalam waktu 30 menit saja.

Pengguna lainnya mengklaim mengalami penurunan dari 100 persen menjadi 38 persen hanya dalam waktu satu setengah jam saja.

Namun, tidak sedikit yang mengaku hanya mengalami penurunan antara 11 persen sampai 20 persen dalam satu jam penggunaan Apple Music.

Menurun drastisnya baterai karena Apple Music sendiri memang sangat logis. Hardware yang ada di iPhone bekerja lebih keras untuk memutar file musik secara streaming ketimbang musik yang sudah ditaruh di media penyimpanan perangkat.

Pasalnya, untuk mendengarkan musik secara streaming, komponen WiFi atau antena di iPhone membutuhkan tenaga untuk mengunduh musik yang ada. Daya yang dibutuhkan pun bakal semakin besar apabila pengguna memutuskan untuk mendengarkan musik menggunakan speaker perangkat.

Satu hal yang harus diingat, aplikasi streaming lain, seperti Spotify, Tidal, Rdio, dan lain-lain, yang menawarkan layanan serupa pastinya akan membuat baterai cepat habis. Hanya saja belum diketahui aplkasi mana yang paling banyak menguras baterai.

Sebaiknya, jika ingin memanfaatkan layanan streaming musik sambil tetap mempertahankan daya baterai, unduh saja terlebih dahulu musik yang ingin didengarkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Ubergizmo


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.