Tablet Android Nokia N1 Segera Masuk Indonesia

Kompas.com - 06/07/2015, 11:44 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Setelah memasuki pasar India, tablet Android Nokia N1 dikabarkan segera menyambangi Indonesia. Hal ini diketahui dari sumber dalam perusahaan.

Pasalnya, pabrik Foxconn yang menggodok produk lisensi Nokia tersebut, telah melalui proses sertifikasi di Indonesia. Namun, belum ada kepastian terkait tanggal pasti peluncuran N1 di tanah air.

Dilansir KompasTekno, Senin (6/7/2015) dari GSMArena, baik pihak Nokia maupun Foxconn belum mengeluarkan pernyataan resmi atas isu yang beredar.

Diketahui, N1 pada perilisan awalnya di akhir 2014, diperkirakan hanya tersedia di Tiongkok. Namun, perangkat ini perlahan mengekspansi pasarnya ke wilayah lain.

N1adalah tablet berukuran 7,9 inci yang hanya terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi. Tak ada slot kartu SIM yang disediakan. Pun, tak disediakan slot memori eksternal untuk menambah kapasitas penyimpanan internal 32 GB. Kapasitas penyimpanan tersebut didukung RAM 2 GB.

Sistem operasi N1 mengandalkan Android Lollipop 5.0, dipadankan dengan chipset Intel Atom Z3580 berkecepatan 2,3 GHz. Seluruh tubuh perangkat Nokia teranyar ini dilindungi aluminium. Untuk ketahanan penggunaannya, Nokia dan Foxconn mempercayakan batu baterai berkapasitas 5300 mAH.

Transfer data sekaligus pengisian daya dilakukan melalui sambungan USB tipe C. Ini sekaligus menandai N1 sebagai tablet pertama yang telah bertransformasi ke jenis USB demikian.

Tak lupa, fitur kamera utama N1 mengusung lensa berkualitas 8 MP, dilengkapi flash LED. Untuk kebutuhan selfie, disisipkan pula kamera depan berkualitas 5 MP.

Yang paling mencolok adalah antarmuka Z yang menjadi wajah N1. Peluncur aplikasi ini memudahkan pengguna membuka aplikasi hanya dengan mencoret layar dengan tangan.

Teknologi pengenal goresan tangan ini juga mempelajari kebiasaan pengguna dalam mengakses aplikasi. Yang paling sering dibuka bakal terpatri di laman depan perangkat.

Untuk setiap perangkat Android, pengguna bisa menggunakan peluncur aplikasi Z dengan mengunduhnya di toko aplikasi Google Play Store.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GSM Arena

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.