Kompas.com - 15/07/2015, 15:48 WIB
|
EditorReza Wahyudi

Terdengar seperti jumlah yang banyak, bukan? Namun, angka itu tampaknya tak seberapa di mata Apple.

Laporan keuangan terakhir Apple menunjukkan, raksasa teknologi tersebut mengantongi 194 miliar dollar AS atau setara Rp 2.583 triliun.

Artinya, Apple bisa menyuntikkan dana dua kali untuk Yunani. Itu pun masih menyisakan 2 miliar dollar AS (Rp 26 triliun) di kas perusahaan berlogo apel tergigit ini.

Jika Apple adalah sebuah negara dan kas perusahaan diibaratkan sebagai produk domestik bruto (PDB), perusahaan tersebut menduduki posisi ke-54 sebagai negara terkaya di dunia.

Menurut data terakhir dari Bank Dunia yang dikutip Wired dan dilansir KompasTekno, Selasa (14/7/2015), kekayaan Apple lebih besar dibandingkan Selandia Baru dan Vietnam. Bahkan, kekayaan Apple mendekati PDB Romania.

Sebenarnya, hanya sekian miliar dollar AS dari kekayaan Apple yang berwujud tunai keras. Sisanya dialokasikan untuk investasi di pemerintahan, perusahaan-perusahaan keamanan, dan tempat investasi lainnya.

Kas keras yang tersimpan dikelola oleh manajemen keuangan yang masuk dalam grup Apple, yakni Braeburn Capital. Perusahaan tersebut berbasis di Nevada. Seperti diketahui, negara tersebut tak menarik pajak dari pendapatan perusahaan.

Bisa dibilang, Apple adalah paket lengkap dari sebuah perusahaan. Perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini selalu unggul dalam produk, strategis dalam berinvestasi, dan taktis dalam pengelolaan uang.

Lalu, apa rencana Apple dengan duit seabrek itu? Tentu, setidaknya saat ini, Apple belum berencana menyuntik dana untuk negara-negara yang sedang kesusahan.

Beberapa waktu lalu, Apple mengatakan akan mengembalikan total kumulatif dari 200 miliar dollar AS (Rp 2.663 triliun) kepada para pemegang saham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Wired

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.