Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Apple Mau Sumbangkan Seluruh Hartanya?

Kompas.com - 30/03/2015, 07:01 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Semua yang berhubungan dengan teknologi menjadi komoditas pasar di era sekarang. Karenanya, perusahaan teknologi bisa dikatakan meraup keuntungan berlimpah, pun rata-rata pimpinannya.

Sebagai timbal balik dari keuntungan yang diperoleh, banyak pimpinan perusahaan teknologi yang mengulurkan tangan untuk kesejahteraan masyarakat luas. Bill Gates, pendiri Microsoft, adalah salah satu pimpinan raksasa teknologi yang paling rajin berderma.

CEO Apple Tim Cook agaknya mulai tergerak untuk turut menjadi pengusaha dermawan. Dilansir KompasTekno, Jumat (27/3/2015) dari Reuters, Cook mengungkapkan rencananya untuk mendonasikan 785 juta dollar AS atau setara Rp 10 triliun untuk kemaslahatan masyarakat.

Katanya, dana itu bakal dikucurkan segera setelah ia menyelesaikan biaya pendidikan untuk keponakannya yang baru berumur 10 tahun. "Kita tentu ingin jadi kerikil di dalam kolam, namun bisa menciptakan ombak," kata Cook.

Jika ditelisik, dana yang direncanakan Cook tersebut merupakan keseluruhan harta yang ia miliki saat ini.

Dilaporkan, Cook memiliki kekayaan dari sahamnya di Apple sekitar 120 juta dollar AS atau setara Rp 1,5 triliun. Cook juga punya saham terbatas senilai 665 juta dollar AS atau setara Rp 8,6 triliun. Itupun jika saham terbatas itu sepenuhnya milik Cook.

Bagaimanapun, jika rencana tersebut direalisasikan, Cook bakal jadi pengusaha pertama yang memberikan harta kekayaan terbanyak dari yang dimiliki.

Selama ini, jejeran orang-orang kaya seperti Gates, Warren Buffet, dan Mark Zuckerberg, paling banter memberikan separuh atau hampir separuh dari seluruh kekayaan mereka.

Tak mengherankan sebenarnya, mengingat Cook dikenal sebagai pengusaha yang menganut paham filantropi. Beberapa tahun terakhir, Cook diam-diam telah banyak bersuara dan bertindak untuk membela hak-hak manusia. Utamanya bagi kaum lesbian, gay, biseksual, dan transeksual. Cook sendiri adalah seorang gay.

Bersamaan dengan rencananya mendonasikan seluruh harta kekayaan, Cook juga mengatakan bakal mencari tempat yang paling pas untuk menyumbang. Ke depannya, ia bakal lebih terstruktur dalam melakukan pendekatan kepada isu-isu yang ia anggap butuh uluran tangannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com