Ponsel "Dual SIM" Meningkat, Apple Tertinggal?

Kompas.com - 21/07/2015, 16:59 WIB
Nokia X menyediakan dua slot kartu SIM (GSM dan GSM) Aditya Panji/KompasTeknoNokia X menyediakan dua slot kartu SIM (GSM dan GSM)
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Lembaga riset pasar Strategy Analytics memprediksi bahwa peranti smartphone dengan fitur dual-SIM (dua slot kartu SIM) akan mengalami kenaikan penjualan hingga 514 juta unit pada tahun 2016 nanti.

Artinya, satu dari tiga ponsel yang terjual tahun depan bakal memiliki dua slot kartu SIM.

Dikutip KompasTekno dari Digitimes, Senin (20/7/2015), estimasi kenaikan penjualan smartphone dual-SIM itu merepresentasikan pertumbuhan sebesar 19 persen, dari 431 juta unit di tahun 2015.

Pabrikan smartphone besar seperti Samsung, Lenovo, dan Micromax turut diprediksi bakal menjadi pemain utama dalam segmen smartphone dengan dua slot kartu SIM.

Sebaliknya, Apple justru terancam "ketinggalan" dan kehilangan potensi pasar sebesar 500 juta unit tersebut. Sebab, hingga kini Apple belum juga membuat ponsel iPhone dengan dukungan slot dual-SIM.

Seperti biasa, pasar smartphone di Tiongkok dan India menjadi dua pasar penting bagi pabrikan-pabrikan ponsel tersebut. Ini karena smartphone murah dengan fitur dual-SIM sangat diminati di kedua negara dengan jumlah penduduk yang besar itu.

Dengan dual-SIM, pengguna ponsel di Tiongkok dan India memiliki kebebasan memilih tarif termurah baik untuk data maupun telepon, selain bisa mengakses jaringan seluler dengan lebih baik tanpa dikenai biaya roaming.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Digitimes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.