Kompas.com - 23/07/2015, 09:05 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Action camera, seperti sebutannya, memang dirancang untuk menemani penggunanya beraksi dalam olahraga atau kegiatan ekstrim. Namun bagaimana bila kamera-kamera tersebut dibekukan, direbus dalam air mendidih kemudian dibakar?

Kai Man Wong, presenter sekaligus co-creator kanal DigitalRev TV di YouTube merekam aksinya menguji Xiaomi Yi dan GoPro Hero 4. Selain kedua action kamera itu, dia juga membandingkannya dengan vibrator cam Siime Eye serta Amkov AMK 5000.

Ujian yang diberikan tidak tanggung-tanggung. Seperti dirangkum KompasTekno dari video YouTube tersebut, Kamis (23/7/2015), Kai memasukkan kamera-kamera itu ke dalam sebuah boks berisi biang es, menimbun, lalu menyiramkan air ke dalamnya.

Seisi kotak pun harus menahan suhu ekstrim minus 94 derajat celcius. Hasilnya dapat dilihat dalam rekaman milik Kai, kamera Siime Eye lebih dulu mati sedangkan GoPro Hero 4, Xiaomi Yi dan Amkov AMK 500 hanya mengalami battery drain saja namun tetap berfungsi.

Tak puas dengan itu, pria berkacamata ini pun segera merebus keempatnya. Dia bahkan memasukkan telur untuk membandingkan mana yang lebih cepat matang.

Dari ujian kedua ini, GoPro Hero 4 lebih dulu mati karena suhu panas. Kemudian Xiaomi Yi menyusul. Dua kamera lainnya baik-baik saja dan tetap merekam suasana saat mereka direbus.

Ujian ekstrim Kai tidak sebatas itu saja. Setelah memandikan keempat kamera itu dengan wanita berbikini, dia juga melemparkan ke ring basket, meluncurkan ke udara menggunakan roket air hingga memakainya di dekat api unggun.

Hasil pengujian ekstrim di dekat api unggun menunjukkan GoPro Hero 4 adalah yang paling bisa diandalkan. Meskipun terbakar dan lensanya baret, action kamera ini masih bisa dipakai merekam.

Penyiksaan tersebut bisa Anda saksikan lebih detil dalam video berdurasi 26 menit di bawah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber YouTube


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.