Alasan 4G Smartfren Duluan Masuk Jakarta

Kompas.com - 29/07/2015, 09:54 WIB
|
EditorReza Wahyudi
SURABAYA, KOMPAS.com - Smartfren akan menggelar jaringan 4G LTE serentak di beberapa kota besar pada semester dua 2015. Untuk itu, operator ini tengah sigap melakukan uji jaringan.

Setelah Denpasar dan Batam, kini Surabaya. "Kami mengadakan uji jaringan berdasarkan kesiapannya, salah satunya dilihat dari BTS daerah yang bersangkutan. Di Surabaya sudah 80 persen (siap)," kata Direktur Smartfren Roberto Saputra usai uji jaringan 4G di Surabaya, Selasa (38/7/2015).

Setelah kota yang berseberangan dengan Madura ini, Jakarta menjadi target pengujian selanjutnya, menyusul Jawa Tengah. Rencananya, uji jaringan 4G di Jakarta akan dilaksanakan bulan Agustus mendatang.

Menurut Head of Network Special Project Smartfren, Munir S.P, setidaknya ada tiga hal yang menjadi alasan kenapa Jakarta dipilih mendahului Jawa Tengah.

1. Kesiapan BTS di Ibukota

Jakarta dianggap lebih siap dalam hal infrastruktur jaringan. BTS 4G yang tersebar di Jakarta lebih banyak dibandingkan di Jawa Tengah. Walau, Munir enggan memberitahu berapa jumlah pasti BTS 4G di ibukota.

2. Bisnis Andromax di Jakarta

Munir mengatakan, kelima perangkat 4G Andromax yang ditelurkan Smartfren paling laris di Jakarta. Untuk itu, aneh jika jaringannya tak segera direalisasikan.

"Handset-nya sudah ada, kita mau hadirkan jaringannya," kata Munir.

Smartfren ingin melihat karakter pengguna saat menjajal jaringan 4G. Sehingga mereka menyiapkan segala sesuatunya sehingga saat komersialisasi layanan 4G LTE menjadi maksimal.

3. Jakarta sebagai ikon.

Alasan terakhir adalah peran geografis Jakarta sebagai ibukota negara. Sehingga akan sangat mudah menyebarkan kabar dan tren jika hal itu masuk terlebih dahulu ke kota onde-onde.

"Ekspansi ke daerah-daerah lain kebih mudah kalau Jakarta sudah," kata Munir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.