Kompas.com - 30/07/2015, 11:26 WIB
Ilustrasi Windows 10 MicrosoftIlustrasi Windows 10
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Windows 10 telah resmi meluncur ke publik pada Rabu (29/7/2015). Komputer Windows 7 dan 8 bisa mendapatkan upgrade ke sistem operasi terbaru dari Microsoft itu secara gratis.

Microsoft merancang Windows 10 sesuai dengan komputer mana pun yang bisa menjalankan Windows 7 dan 8. Namun, sejatinya, tak semua komputer bisa menggunakan Windows 10.

Bagaimana cara memastikan komputer Anda memiliki spesifikasi yang cukup untuk menjalankan Windows 10? Ikutilah cara yang telah dicoba dan dirangkum oleh KompasTekno berikut ini:

1. Kalau komputer sudah menggunakan Windows 8, mudah saja. Tengok ke sudut kanan bawah Taskbar, tepat di deretan notifikasi. Kemudian pilihlah logo baru Windows 10 yang muncul di sana.

screenshot Carilah logo Windows baru di area notifikasi, tepatnya sudut kanan barah.
2. Setelah memilih, ada jendela baru yang akan muncul, berisi cara mendapatkan Windows baru secara cuma-cuma alias gratis. Klik menu "hamburger" yang ada di sudut kiri atas jendela ini.

screenshot Tekan tombol
3. Selanjutnya, menu baru akan terbuka. Di sini, klik tulisan "check your PC" untuk mengetahui kecocokan hardware komputer dengan Windows baru.

screenshot Pilih Check your PC untuk mengetahui kecocokan spesifikasi dengan Windows terbaru
4. Setelah menunggu sebentar, jendela berikutnya bakal muncul. Isinya berupa pemberitahuan spesifikasi komputer hingga aplikasi yang cocok dan tidak cocok dengan Windows 10.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

screenshot Jendela baru berisi spesifikasi yang cocok dan tidak cocok dengan Windows 10

Adakalanya kolom notifikasi tidak menampilkan logo Windows 10 seperti yang disebutkan di atas. Jangan khawatir. Anda masih bisa mengecek kecocokan secara manual.

1. Pertama, buka tautan ini dan catat kebutuhan minimal yang disyaratkan.

2. Kemudian, tekanlah logo Windows di keyboard bersama dengan huruf W. Shortcut ini akan mengantarmu masuk ke interface pencarian. Ubah preferensi pencarian menjadi everywhere, kemudian cari kata kunci "PC info".

screenshot Masukkan kata kunci
3. Pilih opsi tersebut, maka kolom baru akan muncul, berisi spesifikasi komputer atau laptopmu. Catatlah informasi tersebut, kemudian bandingkan dengan spesifikasi minimal yang disebutkan Microsoft.

4. Cek juga kolom disk space untuk memastikan komputer punya cukup ruang kosong sebagai wadah menyimpan Windows 10.

screenshot Cek kolom PC Info dan Disk Space untuk mengukur sendiri tingkat kecocokan dengan Windows 10
Kalau Anda masih memakai Windows 7, cukup buka Control Panel dan klik kolom System. Selanjutnya, Anda cukup melihat dan membandingkan spesifikasinya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.