Jokowi: Aplikasi Digital Bisa Bantu Ekonomi Rakyat Kecil

Kompas.com - 04/08/2015, 12:56 WIB
|
EditorOik Yusuf

TANGERANG, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi menyatakan teknologi memegang peran penting untuk menyokong pertumbuhan industri kecil, misalnya pertanian atau nelayan.

"Ya memang, ekonomi tradisional kita perlu sentuhan aplikasi yang memudahkan mereka," ujarnya dalam Dialog Komunitas Kreatif dengan Presiden di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Selasa (4/8/2015).

Presiden berkaca pada Go-Jek, usaha rintisan lokal yang menghubungkan para tukang ojek dengan dunia digital sehingga bisa mendapatkan penumpang dengan lebih mudah. Harapannya, metode serupa bisa diterapkan pada pelaku ekonomi kecil lainnya.

Misalnya untuk nelayan, dia membayangkan agar mereka bisa menggunakan aplikasi untuk memperoleh informasi soal cuaca atau lokasi-lokasi ikan sebelum melaut. Sedangkan bagi petani, bisa saja dipasok informasi cuaca dan harga di pasar sehingga  membantu mereka ketika bercocok tanam.

"Aplikasi-aplikasi seperti itu yang bisa membantu yang (industri) kecil-kecil terangkat," ujar Jokowi.

"Saya kira ke depan industri kreatif berbasis budaya atau teknologi akan jadI masa depan kita. Ini butuh perhatian khusus dari pemerintah," tegasnya.

Menurut Jokowi, salah satu perhatian pemerintah terhadap hal tersebut diwujudkan lewat pengembangan roadmap e-commerce. Peta pengembangan itu sedang dalam diproses oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Dalam kesempatan berbeda, beberapa bulan lalu, Menkominfo Rudiantara juga sudah menegaskan pihaknya sedang menggarap roadmap ecommerce yang dimaksud. Dia berjanji rencana tersebut akan rampung pada bulan Agustus 2015 ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.