Kompas.com - 29/08/2015, 11:24 WIB
EditorOik Yusuf

Oleh: Shermine Gotfredsen, General Manager, APAC, Universal Robots

Zaman Robot

Pemimpin Umum SoftBank Group dari Jepang, Masayoshi Son, memprediksi pada Juni tahun ini, bahwa robot akan lebih banyak ketimbang manusia dalam 30 tahun mendatang.

Tak terbantahkan bahwa masyarakat kagum pada robot yang mampu meniru manusia dan mengerjakan tugas-tugasnya. Sektor pabrikan senang dengan kemampuan robot dan memesan banyak.

Menurut International Federation of Robotics, lebih dari 200 ribu robot industrial terjual di seluruh dunia pada 2014. Permintaan akan robot industrial akan terus bertumbuh 12 persen rata-rata per tahun dari 2015 hingga 2017.

Memilih berinvestasi

Perusahaan-perusahaan besar dengan jalur produksi yang panjang bukanlah satu-satunya yang bisa memanfaatkan teknologi robotik.

Robot industrial modern, kini dengan frame dan footprint yang kecil, juga menarik bagi usaha kecil dan menengah (UKM). Namun pengeluaran investasi awal bagi UKM cukup signifikan.

Keputusan untuk mengadopsi teknologi baru sering bergantung pada salah satu dari metrik keuangan ini: periode impas atau Return of Investment (ROI).

Periode impas (payback) dinyatakan dalam tahun dan merupakan waktu yang dibutuhkan untuk melunasi jumlah dana yang diinvestasikan dalam aset melalui arus kas bersih yang dihasilkan oleh aset itu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.