Kompas.com - 03/09/2015, 10:22 WIB
Sony hadirkan Xperia Z5 Premium, ponsel pertama dengan tampilan layar 4k PhoneArenaSony hadirkan Xperia Z5 Premium, ponsel pertama dengan tampilan layar 4k
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sony memperkenalkan smartphone dengan tampilan layar 4k pada ajang IFA 2015 yang tengah berlangsung di Berlin, Jerman. Bernama Xperia Z5 Premium, perangkat ini merupakan ponsel dengan layar 4K pertama di dunia.

Dilansir KompasTekno, Rabu (3/9/2015) dari PhoneArena, Layar 4k Z5 Premium menghasilkan kerapatan 806 ppi. Sebelumnya, Samsung Galaxy S6 memegang rekor sebagai ponsel dengan kerapatan paling mumpuni, yakni 577 ppi.

Dengan tampilan ini, pengguna akan lebih nyaman berlama-lama menatap layar ponsel. Sebab efek visual yang terpampang akan semakin sesuai dengan kenyataan.

Saat menonton video di YouTube, gambar akan tampak lebih natural. Pun kala melihat foto dan bermain game. Sesuatu yang nyatanya jelek akan tampak jelek, sesuatu yang nyatanya bagus akan tampak bagus.

Revolusi tampilan layar untuk smartphone ini terhitung signifikan. Diperkirakan, vendor-vendor lain nantinya akan turut mematrikan layar Ultra HD layaknya Z5 Premium.

Xperia teranyar yang menyasar kelas menengah ke atas ini tersedia dalam warna hitam dan emas. Tubuhnya berbalut aluminium dengan material kaca cermin pada punggungnya.

Desainnya kurang lebih masih sama dengan lini Xperia lainnya, yakni kotak, tipis dan sederhana. Hanya saja, tombol kunci yang biasanya berbentuk bulat, kali ini dibuat elips.

Adapula fitur pemindai jari di perangkat premium ini. Diketahui, keluarga Xperia Z5 adalah lini smartphone buatan Sony pertama yang menyematkan fitur pemindai jari.

Ponsel ini menggunakan Snapdragon 810 sebagai dapur pacunya, dipasangkan dengan RAM 3 GB. Adapula kapasitas penyimpanan internal 32 GB yang masih bisa diekspansi menggunakan memori eksternal.

Untuk kamera, trio Xperia Z5 menggunakan lensa 23 megapiksel dengan sensor MP Exmor RS. Sony mengklaim sensor tersebut dibuat eksklusif dan hanya akan dibenamkan pada produk-produk Xperia.

Rencananya Xperia Z5 Premium akan dipasarkan global pada November mendatang. Dua saudara lainnya, Z5 dan Z5 Compact, akan diluncurkan lebih awal pada Oktober 2015. Ponsel ini dibanderol dengan harga 699 poundsterling atau sekitar Rp 15 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.