Ini Dia, Pemenang Lomba Aplikasi Inaicta 2015 - Kompas.com

Ini Dia, Pemenang Lomba Aplikasi Inaicta 2015

Kompas.com - 10/09/2015, 12:44 WIB
Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Pemenang INAICTA 2015 berfoto bersama.
JAKARTA, KOMPAS.com - Rangkaian kegiatan Indonesian ICT Awards 2015 ( Inaicta 2015) memasuki tahap akhir dengan diumumkannya masing-masing pemenang kategori pada Rabu (9/9/2015) malam di Jakarta.

Dalam malam penganugerahan tersebut, Ketua Panitia Inaicta 2015, Eko K. Budiardjo mengatakan bahwa kompetisi tahun ini menjadi kompetisi dengan jumlah pendaftar paling banyak.

"Tahun ini meningkat, dari tahun sebelumnya 1000-an pendaftar, kini menjadi 1145 pendaftar," ujar Eko di hadapan para peserta.

Dari 1145 pendaftar tersebut menghasikan 444 aplikasi yang sah dan masuk dalam penjurian tahap pertama yang terbagi atas 15 kategori, dimana 9 kategori berasal dari kalangan profesional dan 6 kategori untuk SD, SMP, SMA/SMK, dan perguruan tinggi.

Penjurian dilakukan oleh 75 orang yang berasal dari pelaku industri telekomunikasi dan informasi terkemuka yang akhirnya menghasilkan 120 karya yang masuk ke penjurian tahap dua.

"Yang penting bukan menang atau kalah, tapi karya gemilang ini bisa menjadi bermnfaat untuk banyak orang," kata Eko.

Sementara Dirjen Aptika Kemenkominfo, Bambang Heru Tjahyono mengatakan, Kemenkominfo selalu mendorong pemberdayaan pemanfaatan TI.

"ke depannya bukan hanya perangkat dengan orang saja yang terhubung, namun perangkat dengan perangkat (internet of thing), kami menunggu karya-karya seperti ini," kata Heru.

Berikut adalah 15 pemenang INAICTA 2015 dari masing-masing kategori.


1. Kategori aplikasi perguruan tinggi: Perancangan alat pembuat larutan penyangga berbasis Android
2. Aplikasi SMA/SMK: OutBook Project
3. Animasi SMA/SMK, Perguruan Tinggi: The Great return
4. Aplikasi SD/SMP: Secure Bag
5. Digital Animation: PiPoYa! Animated Web Series
6. Digital Interactive Media: Hybrid Smart Home Interactive
7. Education & Culture: KlungMaestro
8. Finance & SME: Cubeacon
9. Games: Ultra Space Brawl
10. Games Perguruan Tinggi: Kitten Mita: Moon Chapter
11. Health & Well-being: JKN APPS
12. e-Inclusion: B-Touch
13. Research & Development: Averi
14. Applicative Robot: RoboViper (Robotics Visual Programmer)
15. Tourism & Hospitality: Hajiumroh

EditorReza Wahyudi

Komentar
Close Ads X