Diprotes, Tokopedia dan Bukalapak Cabut Penjualan Gading Gajah

Kompas.com - 29/09/2015, 16:25 WIB
Petisi di Change.org yang meminta agar toko online di Indonesia menghentikan penjualan gading gajah. Change.orgPetisi di Change.org yang meminta agar toko online di Indonesia menghentikan penjualan gading gajah.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Setelah muncul petisi yang mendesak agar toko-toko online di Indonesia menghentikan praktik jual-beli produk yang terbuat dari gading gajah, Tokopedia selaku salah satu situs e-commerce yang dipetisi pun buka suara.

Menanggapi petisi tersebut, pihak Tokopedia mengaku langsung melakukan pemantauan dan penghapusan produk yang dimaksud.

Menurut keterangan tertulis yang diterima KompasTekno dari Media Relations Specialist Tokopedia, Antonia Adega, Selasa (29/9/2015), pihaknya juga merasa menyayangkan adanya pihak-pihak yang menyalahgunakan sistem Tokopedia.

Dijelaskan Antonia, sistem di Tokopedia bersifat user generated content, dimana setiap pihak dapat melakukan pengunggahan produk di Tokopedia secara mandiri.

"Sistem seperti ini sebenarnya sangat memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi jual beli online," ujar Antonia.

Namun demikian, Tokopedia merasa masih perlu adanya batasan-batasan tertentu dalam penggunaannya agar sesuai dengan norma dan hukum yang berlaku.

Menurut Antonia, Tokopedia dengan tegas melarang penjualan produk yang terbuat dari gading gajah. Hal ini telah diatur dalam syarat dan ketentuan penggunaan situs Tokopedia (https://www.tokopedia.com/terms.pl).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam halaman tersebut terdapat sub bab J (Jenis Barang) yang menyatakan bahwa hewan dan barang-barang lain yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia dilarang keras diperjualbelikan di situs Tokopedia.

"Kami sebenarnya juga sudah menyediakan sebuah sarana yang memudahkan masyarakat Indonesia dalam memantau perdagangan online di website kami, yaitu fitur report di setiap laman produk," kata Antonia.

Jika ada produk yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan penggunaan Tokopedia dan/atau hukum yang berlaku di Indonesia, tim Tokopedia akan dengan segera menghapus produk tersebut.

Bukalapak lakukan hal yang sama

Hal yang sama juga dilakukan oleh situs jual-beli Bukalapak.com. Dalam keterangan tertulisnya, Bukalapak mengatakan secara tegas telah menutup lapak dan melarang penjualan atau segala bentuk transaksi jual beli gading gajah di situsnya.

"Di dalam aturan Aturan Penggunaan Bukalapak.com sebenarnya sudah disebutkan bahwa pengguna Bukalapak.com tidak diperbolehkan untuk menggunakan situs Bukalapak.com untuk melanggar peraturan yang ditetapkan oleh hukum di Indonesia maupun di negara lainnya," jelas Achmad Zaky, CEO dan Co-Founder Bukalapak.com.

Zaky menambahkan bahwa meskipun tidak secara eksplisit terdapat larangan penjualan gading gajah, namun menurut aturan Bukalapak.com, gading gajah adalah barang yang dilarang untuk diperjual-belikan secara bebas berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia.

"Kami telah bertindak cepat untuk segera membekukan atau menonaktifkan lapak yang menjual gading gajah di situs kami dan saat ini lapak tersebut telah kami tutup. Sesuai aturan penggunaan, Bukalapak.com memiliki hak untuk membekukan atau menonaktifkan lapak yang menjual barang terlarang," tegas Zaky.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.