Pencari Info Hiburan dan Lampu Pintar Juarai Next Apps 2.0

Kompas.com - 30/09/2015, 15:47 WIB
Tim Goers yang menjadi juara pertama dalam kompetisi Indonesia Next Apps 2.0. Aplikasi ini mengusung tema lifestyle dengan fokus memberikan informasi mengenai acara-acara di suatu kota, baik yang gratis atau berbayar. Fatimah Kartini Bohang/Kompas.comTim Goers yang menjadi juara pertama dalam kompetisi Indonesia Next Apps 2.0. Aplikasi ini mengusung tema lifestyle dengan fokus memberikan informasi mengenai acara-acara di suatu kota, baik yang gratis atau berbayar.
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Dua aplikasi karya anak bangsa, Goers dan Modegi, berhasil memenang kompetisi Indonesia Next Apps 2.0. Dengan demikian kedua tim pengembang aplikasi tersebut berkesempatan untuk maju ke kompetisi tingkat internasional, yaitu Singtel Group - Samsung Regional Mobile App Challenge.

Goers merupakan juara pertama dalam kompetisi Indonesia Next Apps 2.0. Aplikasi ini mengusung tema lifestyle dengan fokus memberikan informasi mengenai acara-acara di suatu kota, baik yang gratis atau berbayar.

Goers diciptakan sebagai pencari informasi hiburan sekaligus sebagai tempat pembelian tiket masuknya.

Co-founder sekaligus Chief Operational Officer Goers Niki Tsuraya Yaumi menceritakan salah satu kekuatan aplikasi mereka terdapat pada fitur analytic yang disematkan di dalamnya.

Penyelenggara acara bisa melihat hal-hal umum, seperti demografi pengunjung dan jumlah pengunjung acara melalui aplikasi tersebut. Selain itu, mereka sedang menggodok sebuah fitur premium, misalnya untuk mengetahui minat khusus pengunjung.

Yoga Hastyadi/KOMPAS.com Tim pengembang aplikasi Modegi dalam kompetisi Next Apps 2015.

Sedangkan Modegi merupakan sebuah solusi internet of things (IoT) buatan lokal. Solusi mereka berupa sebuah hardware yang dapat terhubung ke aplikasi pengendali melalui internet atau WiFi Direct. Salah satu implementasi dari solusi adalah lampu pintar.

Founder Modegi Siti Karwati Bazia mengatakan solusi mereka berupa lamp extensiom (Lammo), plug extension (Plummo), dan relay extension (Remmo). Dengan memasang solusi tersebut pada peralatan rumah tangga, seperti lampu, terminal atau kabel penyalur daya, maka pengguna bisa menyalakan atau mematikan perangkat tersebut melalui aplikasi Android.

Pada ajang internasional, kedua aplikasi asal Indonesia itu akan bersaing dengan aplikasi dari negara lain, yaitu pemenang kompetisi sejenjs di Australia, India, Thailand, Filipina, Singapura, Afrika.

"Kalau tahun lalu yang menang dari Australia. Semoga tahun ini Indonesia bisa menang. Untuk mencapai hal itu, kami (Telkomsel) bersama Samsung akan mendorong, membantu untuk mengembangkannya," terang Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Marina Kacaribu, saat ditemui KompasTekno usai pengumuman pemenang Indonesia Next Apps 2.0 di Jakarta, Rabu (30/9/2015).

Sebagai juara pertama ajang Indonesia Next Apps 2.0, tim Goers mendapatkan hadiah senilai 11.000 dollar AS dari Telkomsel dan Samsung. Sedangkan juara kedua, Modegi mendapatkan hadiah senilai 9.000 dollar AS.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X