Kompas.com - 09/10/2015, 08:29 WIB
Lumia 950 terhubung dengan monitor, menjadikannya layaknya perangkat CPU dengan OS Windows 10. Didit Putra Erlangga/KOMPAS.comLumia 950 terhubung dengan monitor, menjadikannya layaknya perangkat CPU dengan OS Windows 10.
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika Microsoft mengumumkan akan meluncurkan smartphone terbarunya, Lumia 950 yang berjalan dengan sistem operasi baru Windows 10, tak banyak perhatian yang tertuju kepadanya.

Namun semuanya berubah ketika Microsoft menggelar Windows 10 Device Event di New York pada Selasa (6/10/2015). Di ajang tersebut, Microsoft baru mengeluarkan senjata pamungkas dalam Windows 10 Mobile, yaitu fitur Continuum.

Fitur tersebut memungkinkan perangkat smartphone Windows 10 Mobile berperan layaknya CPU komputer saat dihubungkan dengan monitor eksternal, lewat sebuah dongle yang diberi nama Display Box.

Dengan demikian, saat membawa smartphone Windows 10 Mobile di saku kemana saja, pengguna sebenarnya juga berpotensi mengubahnya menjadi perangkat komputer. Mereka hanya butuh Display Box yang ukurannya juga portabel dan mudah dibawa-bawa, serta layar monitor.

Aplikasi Continuum di Lumia 950 Aplikasi Continuum di Lumia 950
Tak butuh waktu lama setelah diperkenalkan secara global, KompasTekno berkesempatan menjajal Continuum secara langsung di ajang Microsoft Tech Day 2015 yang digelar di Balai Kartini Rabu (7/10/2015) lalu.


Pengalaman PC kelas ringan

Microsoft Indonesia memamerkan satu unit Lumia 950 di ajang Tech Day 2015. Smartphone ini telah menjalankan sistem operasi Windows 10 Mobile Build 10556.

Untuk diketahui, hingga berita ini diturunkan, versi Insider Preview Windows 10 Mobile yang disediakan Microsoft adalah Build 10536.

Belum diketahui apakah Build 10556 tersebut adalah versi final Windows 10 Mobile yang akan dirilis Microsoft atau tidak.

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Lumia 950 dengan sistem operasi Windows 10 Mobile Build 10556.
Lumia 950 tersebut terhubung dengan Display Box melalui koneksi kabel USB Type-C. Output ke monitor terhubung melalui kabel HDMI. Perangkat keyboard dan mouse sudah terhubung melalui koneksi Bluetooth.

Sementara untuk unit Display Box-nya sendiri memiliki sebuah port USB Type-C untuk input smartphone di bagian depan. Di bagian belakang, tersedia tiga port USB, dua port HDMI, serta satu port daya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.