Sony Bagikan Android "Marshmallow", Xperia Z1 Tak Kebagian

Kompas.com - 09/10/2015, 09:13 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Para produsen gadget mulai mengungkap daftar produk mereka yang bisa mencicipi sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. Salah satunya adalah Sony yang menjanjikan pembaruan itu untuk smartphone Xperia buatannya.

Tentu ini sebuah kabar gembira bagi pemilik ponsel Sony Xperia karena pemutakhiran sistem operasi akan memperbaiki banyak hal, termasuk kinerja dan kecocokan aplikasi yang digunakan sehari-hari.

Namun perlu dicatat, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Android Authority, Kamis (8/10/2015), ada juga ponsel canggih Sony yang tidak kebagian pembaruan tersebut. Ponsel itu adalah Xperia Z1 dan Z1 Compact yang diluncurkan sekitar September 2013 lalu.

Dengan demikian kedua ponsel itu akan berhenti di sistem operasi Android 5.1 Lollipop saja. Sony sudah merilis pembaruan ini bulan lalu.

Selain duo Z1, ada juga keluarga Xperia Z edisi 2013 lalu yang telah dicoret dari daftar dukungan Sony dan tidak mendapatkan pembaruan Android 5.1 Lollipop ataupun 6.0 Marshmallow. Produk yang dimaksud adalah Xperia E3, A4, T2 Ultra, dan Z Ultra.

Nah, selain gadget tersebut di atas, sejumlah ponsel Sony Xperia buatan tahun 2014 hingga tahun terbaru masih bisa mencicipi Android Marshallow. Berikut ini daftarnya:

1. Xperia Z5, Z5 Compact dan Z5 Premium (ketiganya baru diluncurkan September lalu di ajang IFA 2015)

2. Xperia Z4 Tablet (tablet seharga Rp 10 juta ini resmi hadir di Indonesia sejak Juni lalu)

3. Xperia Z3+, Z3, Z3 Compact, Z3 Tablet Compact (keempatnya masih merupakan produk yang dirilis awal tahun ini)

4. Xperia Z2, Z2 Tablet (dua produk ini dirilis sekitar Februari 2014 lalu)

5. Xperia M5, C5 Ultra, M4 Aqua, C4 (keempatnya adalah ponsel kelas menengah terpilih dari sejumlah produk sejenis di keluarga Xperia)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.