Tiap Selasa, Karyawan Facebook "Menderita" Internet Lelet

Kompas.com - 29/10/2015, 10:58 WIB
Logo baru Facebook The Next WebLogo baru Facebook
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Facebook punya peraturan internal perusahaan baru yang cukup unik. Peraturan ini dirancang khusus agar para karyawan Facebook bisa memahami pengguna yang ada di negara dengan koneksi internet lambat.

Program tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Mashable, Rabu (28/10/2015), dinamakan "2G Tuesdays".

Tidak berbeda dari namanya, setiap hari Selasa karyawan Facebook yang bersedia nantinya akan diberikan koneksi internet lambat untuk mengakses aplikasi Facebook dan Messenger.

"Di jaringan 2G, butuh waktu sekitar dua menit untuk mengunduh sebuah halama web. Kami perlu (jaringan lambat) untuk memahami bagaimana orang menggunakan Facebook di koneksi internet yang berbeda di seluruh bagian dunia sehingga kami bisa membangun pengalaman terbaik untuk mereka," ujar juru bicara Facebook.

Peraturan baru itu sendiri tidak bersifat memaksa. Itu artinya, karyawan bisa saja tidak menjalankan peraturan tersebut, jika tidak merasa perlu.

Program tersebut pun tidak berlangsung seharian penuh. Karyawan hanya mendapatkan koneksi lambat selama satu jam setelah login ke aplikasi Facebook.

"Karyawan bakal memiliki pilihan bagi ponsel mereka menyimulasikan koneksi 2G," ujar Tom Alison Engineering Director acebook.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama ini, salah satu fokus Facebook adalah mengembangkan aplikasi untuk negara dengan koneksi lambat.

Selain peraturan "2G Tuesdays", beberapa karyawan Facebook di tahun 2012 pernah ketahuan menggunakan ponsel Nokia, yang tidak dilengkapi kemampuan internet berkecepatan tinggi. Tujuannya memang untuk mewujudkan fokus tersebut.

Facebook sebelumnya juga sudah merilis veri ringan dari aplikasi Facebook untuk Android, bernama Lite. Dalam aplikasi tersebut, Facebook memberikan kompresi di gambar dan membuatnya semakin kecil.

Dengan semakin kecilnya ukuran gambar, pastinya kecepatan yang dibutuhkan tidak setinggi biasanya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Mashable

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.