Android dan Chrome OS Bakal Jadi Sistem Operasi Baru

Kompas.com - 30/10/2015, 19:38 WIB
Logo Chromebook di Acer C7 Digital TrendsLogo Chromebook di Acer C7
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Google saat ini memiliki dua sistem operasi yang dikembangkannya, yaitu Android dan Chrome OS. Ke depannya, Google akan melebur Chrome OS ke Android menjadi sebuah sistem operasi baru. Android dipilih karena telah terbukti menjadi sistem operasi yang lebih populer.

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Jumat (30/10/2015), gabungan antara Android dan Chrome OS itu paling cepat baru akan dirilis pada tahun 2016 mendatang.

Menggabungkan dua sistem operasi itu berarti Android juga akan bisa dijalankan di perangkat komputer dekstop, yang tentunya membutuhkan banyak perubahan besar, serta dukungan terhadap Google Play Store.

Langkah ini diambil Google setelah Microsoft memperkenalkan fitur Continuum di sistem operasi WIndows 10. dengan Continuum, smartphone Windows 10 juga bisa dijadikan sebagai PC desktop, pengguna pun memiliki pengalaman yang sama antar perangkat (mobile dan PC).

Menurut The Verge, sumber dalam Google mengonfirmasi penggabungan Chrome dan Android tersebut, dan preview dari sistem operasi gabungan itu akan didemonstrasikan pertama kali di ajang Google I/O tahun depan.

"Langkah ini diambil untuk mengurangi jumlah platform independen yang harus diurusi oleh Google,"ujar sumber yang tidak mau disebut namanya itu.

Sistem operasi Chrome OS sendiri saat ini dipakai di sejumlah laptop Chromebook yang dikenal sebagai laptop bagus dengan harga terjangkau. Beberapa aplikasi Android kini juga telah mendukung Chrome, walau jumlahnya masih sedikit.

Google juga memperkenalkan laptop Android konvertibel bulan lalu yang disebut Pixel C. Kini nampaknya laptop tersebut bisa dikatakan sebagai kode dari langkah yang akan diambil Google selanjutnya.



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X