Google Bantah Akan Matikan Chrome OS

Kompas.com - 03/11/2015, 12:48 WIB
Laptop Chromebook Acer C7 yang menjalankan Chrome OS. Google.com/chromeLaptop Chromebook Acer C7 yang menjalankan Chrome OS.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Google baru saja mengumumkan niatnya untuk menyatukan Android dan Chrome OS menjadi sebuah sistem operasi untuk laptop. Kendati demikian, dia berjanji bahwa kedua sistem operasi tersebut juga tidak akan dihapus.

Chrome OS dan Chromebooks buatan mereka akan tetap eksis dengan visinya terdahulu, yaitu membuat sebuah komputer yang kinerjanya cepat, sederhana, dan lebih aman untuk siapapun.

"Beberapa hari ini ada sedikit kebingungan soal masa depan Chrome OS dan Chromebooks. Ada spekulasi yang menyatakan bahwa Chrome OS akan disatukan ke dalam Android. Padahal kami masih mengerjakan keduanya agar berkembang lebih baik, tidak ada rencana untuk membunuh Chrome OS," tulis SVP Android, Chrome OS and Chromecast Hiroshi Lockheimer seperti dilansir KompasTekno dari blog resmi Google, Selasa (3/11/2015).

Bahkan saat ini, imbuh Lockheimer, mereka sedang menyiapkan pelucuran Asus Chromebit. Ini adalah sebuah stick USB kecil yang dapat mengubah layar menjadi sebuah komputer dan dijual dengan harga 85 dollar AS atau setara Rp 1,1 juta.

Tim pengembangan Chrome OS pun masih bekerja untuk memberikan penyegaran, salah satunya berupa rancangan Chromebook for Work serta menghadirkan lebih banyak aplikasi Android untuk platform tersebut.

"Dan akhirnya, Anda akan melihat lusinan Chromebooks baru pada 2016 mendatang," pungkas Lockheimer.

Sebelumnya, Google disebut akan menggabungkan kedua Chrome OS serta Android demi meringankan tanggung jawab mengurus berbagai platform indepen. Hasil penggabungan tersebut akan ditampilkan dalam konferensi Google I/O tahun depan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X