Kompas.com - 19/11/2015, 09:19 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Perangkat phablet Galaxy Note 5 memiliki satu kelemahan dari segi desain. Kelemahan tersebut terdapat dalam mekanisme stylus S Pen dan ruang tempat menyimpannya di tubuh perangkat yang bersangkutan.

Jika pengguna menyimpan S Pen dalam kondisi terbalik, yaitu ujung pena runcing di sisi luar, smartphone high-end milik Samsung ini bisa saja tidak lagi mengenali stylus tersebut.

Samsung pun telah menyadari adanya masalah tersebut. Sebuah langkah preventif lalu diambil untuk mencegah timbulnya masalah terkait S Pen.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Android Authority, Kamis (19/11/2015), langkah itu berupa dibubuhkannya label peringatan di bagian pelindung layar pada setiap Galaxy Note 5 baru.

"Peringatan! Pastikan untuk memasukkan S Pen dengan ujung pena mengarah ke bagian dalam. Memasukkan S Pen dengan cara yang salah dapat menyebabkan pena menjadi macet dan dapat merusaknya dan telepon Anda," bunyi peringatan dalam label tersebut.

Android Authority Peringatan di label layar Galaxy Note 5

Memang pengguna bisa saja tidak memperhatikan peringatan ini. Saat membuka kotak, ada kemungkinan pengguna langsung melepas label itu tanpa membacanya.

Namun, pengguna sudah tidak bisa menyalahkan Samsung lagi atas kelemahan dari segi desain tersebut. Pasalnya, Samsung sudah memberikan peringatan di tempat yang seharusnya mudah terbaca oleh pengguna baru.

Kesalahan menyimpan S Pen memang bisa membawa akibat tidak enak. Selain bisa membuat stylus itu sulit dikeluarkan, beberapa fitur terkait S Pen bisa jadi tak bisa digunakan lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.