Kompas.com - 04/12/2015, 17:12 WIB
Adobe Flash BGRAdobe Flash
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Adobe akhirnya menyetop pengoperasian Flash. Teknologi yang digunakan untuk membuat gambar vektor dan animasi tersebut dianggap tak lagi relevan dengan tuntutan masyarakat.

"Selama dua dekade, Flash Professional menjadi standar untuk produksi animasi pada web. Kini, dengan makin maraknya HTML 5 dan tuntutan untuk peningkatan standar animasi pada web, kami akan membenahi layanan tersebut," begitu tertulis pada blog Adobe, sebagaimana dilaporkan BGR dan dihimpun KompasTekno, Kamis (3/12/2015).

Bagi yang belum tahu, HTML 5 adalah tool yang fungsinya kurang lebih persis dengan yang ditawarkan Flash. Bedanya, HTML 5 lebih mudah pengoperasiannya dan memiliki kemampuan yang lebih mumpuni ketimbang Flash, utamanya untuk konten mobile.

Terbukti, lebih dari satu per tiga konten dan layanan yang dulu digodok lewat Flash kini beralih menggunakan HTML 5. Antara lain industri kartun sekelas Nickelodeon dan Titmouse Inc.

Pun begitu, Adobe tak akan lama-lama melengserkan tool animasinya. Versi pembenahan Flash akan diluncurkan dengan nama merek baru, yakni "Adobe Animate CC". 

Tujuannya "untuk merepresentasikan posisi sebagai alat animasi premium bagi web," kata perwakilan Adobe. Sebab, Flash sudah terlanjur bercitra buruk.

Jika sesuai rencana, Animate CC akan dirilis pada awal 2016 mendatang. Saat ini penggodokan tool tersebut telah dimulai.

Sebagai catatan, pendiri Apple Steve Jobs sudah mengeluhkan Flash sejak 2010 silam. Menurut Jobs, Flash memiliki andil dalam memengaruhi performa, umur baterai, dan masalah keamanan dalam perangkat-perangkat Apple



Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X