Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mengatasi Sinyal HP Lemah saat Mudik Lebaran 2024

Kompas.com - 07/04/2024, 18:29 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Masyrakat yang sedang mudik Lebaran 2024 berbagai daerah tak jarang mengalami beberapa kendala. Salah satunya masalah terkait sinyal ponsel yang melemah atau hilang.

Faktor sinyal melemah ini biasanya disebabkan saat pengguna mulai masuk daerah dengan jangkauan sinyal yang sulit. Misalnya saja pemudik yang masuk ke daerah pegunungan, pedesaan, atau terkait cuaca buruk di daerah setempat.

Sinyal HP yang lemah saat mudik Lebaran ini tentu cukup menganggu Anda dalam berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman. Lantas bagaimana cara mengatasi sinyal HP yang lemah? Nah berikut ini KompasTekno merangkum beberapa tips untuk mengatasi sinyal HP lemah saat mudik Lebaran 2024.

Baca juga: 3 Cara Cek Rest Area Terdekat Saat Perjalanan Mudik Lebaran 2024

Cek baterai ponsel Anda

Ketika baterai ponsel berada pada kondisi rendah, hal ini dapat berpengaruh terhadap sinyal HP yang tidak optimal. Ini terjadi karena ponsel otomatis beralih ke mode hemat energi, yang mengurangi daya yang digunakan untuk komponen radio selulernya.

Untuk mengatasi ini, Anda bisa langsung mengisi ulang baterai, mengurangi intensitas cahaya layar, dan mengatur waktu layar untuk mati lebih cepat, sehingga baterai dapat bertahan lebih lama.

Mengalihkan ke mode pesawat sementara

Cobalah untuk mengalihkan ponsel ke mode pesawat selama beberapa detik. Selanjutnta Anda dapat menonaktifkannya lagi untuk membantu ponsel Anda untuk "mereset" pencarian sinyal, yang mungkin memperbaiki koneksi.

Cobalah me-restart ponsel

Terkadang hanya dengan mematikan dan menghidupkan kembali ponsel Anda dapat meningkatkan kualitas sinyal. Ini karena ponsel akan mencari sinyal terkuat saat dihidupkan kembali.

Coba ubah tipe jaringan

Alternatif lain adalah dengan menyesuaikan jenis jaringan yang Anda gunakan. Walaupun kebanyakan layanan operator seluler saat ini berfokus pada jaringan 4G, tidak ada salahnya untuk mencoba mengubah pengaturan jaringan Anda.

Dalam beberapa kasus, beralih ke jaringan 3G di lokasi tertentu mungkin memberikan sinyal yang lebih stabil dan kuat.

Batasi konsumsi data

Apabila Anda mengalami sinyal internet yang tidak stabil atau lemah, salah satu cara efektif untuk mengatasinya adalah dengan membatasi konsumsi data Anda.

Cara ini bisa dilakukan dengan menonaktifkan fitur update otomatis pada aplikasi Anda, yang seringkali berjalan di latar belakang dengan menggunakan data yang cukup besar.

Selain itu, menghindari kegiatan yang membutuhkan bandwidth tinggi seperti menonton video secara streaming atau mendengarkan musik online juga dapat membantu dalam mengurangi pemakaian data.

Baca juga: 5 Cara Cek Tarif Tol biar Mudik Lebaran 2024 Lancar, Bisa via Google Maps

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com