Transaksi Harbolnas 2015 Tembus Rp 2,1 Triliun

Kompas.com - 17/12/2015, 14:52 WIB
|
EditorOik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga riset Nielsen memprediksi nilai transaksi selama Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang diselenggarakan selama 3 hari, 10-11 Desember 2015 lalu mencapai Rp 2,1 triliun.

Jumlah tersebut merupakan estimasi jumlah transaksi secara keseluruhan di semua toko online yang mengikuti Harbolnas, di antaranya Lazada, Mataharimall, dan Bukalapak.

Hal itu diutarakan oleh Rusdi Sumantri selaku Associate Director Consumer Insight Nielsen dalam acara jumpa media di Jakarta, Kamis (17/12/2015).

"Perkiraan kami pun (transaksi online) penjualan selama Harbolnas naik sebanyak 1,8 kali dibandingkan dengan transaksi di hari biasa," kata Rusdi.

Nielsen mengaku telah mensurvei sekitar 700 pengguna internet yang tersebar di 19 kota-kota besar di Indonesia, dengan metode random sampling pengguna internet di Indonesia selama Harbolnas 2015.

"Setelah mendapat jawaban kami tidak langsung menggunakan data itu, namun kami olah dengan survei-survei lain tentang e-commerce untuk validasi," kata Rusdi.

Fashion dan gadget

Tahun ini, kota-kota yang menyumbang jumlah transaksi yang signifikan berasal dari kota-kota di Jakarta, Sumatera Utara,dan Jawa Timur.

Adapun jenis produk yang palinh mendominasi selama Harbolnas adalah produk fashion sebesar 65 persen, yang terdiri atas produk baju dan tas.

Gadget berada di peringkat kedua dengan sumbangan 44 persen. Produk gadget yang laris menurut Nielsen adalah aksesoris pendukung, baru diikuti oleh smartphone dan tablet.

Peringkat ketiga produk terlaris dengan sumbangan 41 persen berasal dari produk-produk elektronik seperti audio, headphone, speaker dan kamera digital.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.