Mau Liburan tapi “Kepikiran” Keamanan Rumah?

Kompas.com - 18/12/2015, 16:22 WIB
Ilustrasi keamanan rumah menon-law.comIlustrasi keamanan rumah
|
EditorPalupi Annisa Auliani

KOMPAS.com – Nuansa liburan semakin terasa jelang minggu terakhir Desember. Rencana mengunjungi kerabat atau bahkan tempat-tempat wisata menjadi momen yang dinanti. Namun, sebelum meninggalkan rumah, satu harus diperhatikan, keamanan.

Ya, liburan tak akan berakhir seru bila sampai isi rumah habis dicuri. Tidak menarik pula bila selama berlibur terus saja “kepikiran” soal keamanan rumah. Untuk dua hal tersebut tidak menjadi kenyataan, berikut ini beberapa tips pengamanan rumah sebelum berlibur:

Kunci

Yang terpenting saat rumah kosong adalah pastikan seluruh ruangan sudah terkunci. Setelah dikunci, pilih tempat penyimpanan yang aman. Kebiasaan menaruh kunci di tempat-tempat rahasia menurut keluarga kerap membuat lengah.

Pot bunga dan keset adalah tempat yang terlalu umum untuk menyimpan kunci. Pencuri bisa saja mudah menjangkau dua tempat tersebut. Jadi, pikirkan lagi tempat penyimpanan yang lain untuk kunci-kunci ini, kecuali isi tas liburan juga adalah serenteng kunci.

Lampu

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah ada orang atau tidak di rumah adalah lampu yang menyala sesuai waktunya. Karena akan ditinggal pergi, kadang orang menyalakan lampu begitu saja. Padahal, lampu menyala pada siang hari akan terasa janggal dan menjadi perhatian pencuri.

Untuk mengubah kebiasaan itu, pakailah lampu otomatis yang dapat mendeteksi cahaya. Cara lainnya adalah meminta bantuan tetangga untuk menyalakan dan memadamkan lampu secara berkala selama tidak ada orang di rumah.

Koran langganan

Indikator lainnya yang menandakan tidak ada orang di rumah adalah menumpuknya koran langganan. Untuk itu, beri kabar pada loper koran langganan untuk tidak mengirimkan selama rumah kosong.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X