Penyakit "Stylus Terbalik" Galaxy Note 5 Sudah Sembuh

Kompas.com - 20/01/2016, 08:52 WIB
Galaxy Note 5 Oik Yusuf/ Kompas.comGalaxy Note 5
Penulis Deliusno
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Samsung dikabarkan telah berhasil memperbaiki kelemahan dari desain Galaxy Note 5. Hasil produksi terbaru sudah dilengkapi dengan sebuah mekanisme yang mencegah perangkat berlayar besar ini rusak ketika pengguna menyimpan stylus S-Pen dalam kondisi terbalik.

Keberhasilan Samsung tersebut diketahui untuk pertama kalinya oleh situs Phandroid. Situs itu mengaku telah mendapatkan gambar papan sirkuit Galaxy Note 5 hasil produksi terbaru.

Phandroid Motherboard baru Galaxy Note 5, dilengkapi dengan switch khusus

Berdasarkan gambar di atas, papan sirkuit Galaxy Note 5 terbaru (sebelah kiri) terlihat memiliki sebuah tuas yang tidak terdapat di papan sirkuit lama. Tepatnya, tuas berwarna abu-abu tersebut terletak di sebelah kanan atas.

Tuas ini didesain untuk mengizinkan pengguna untuk mengeluarkan S-Pen dengan aman, meski stylus yang bersangkutan diletakkan secara terbalik.

Satu hal yang diingat, mekanisme baru tersebut tentunya tidak akan mencegah pengguna untuk memasukkan stylus secara terbalik. Akan tetapi, ia bisa membantu mengeluarkannya kembali tanpa harus merusak Galaxy Note 5.  

Menurut sumber dari Phandroid yang dirangkum oleh KompasTekno, Selasa (19/1/2016), tuas ini telah diuji coba dan hasilnya benar-benar bisa bekerja dengan baik untuk mengeluarkan S-Pen.

Sebelumnya, diketahui bahwa Galaxy Note 5 memiliki kelemahan dari segi desain. Pengguna bisa saja menyimpan S-Pen dalam kondisi terbalik dengan ujung pena yang runcing berada di luar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam kasus itu akan ada beberapa fungsi ponsel yang tidak bisa digunakan. Smartphone ini pun bisa saja tidak lagi mengenali S-Pen, meski ia sudah dimasukkan kembali ke perangkat.

S-Pen yang terbalik itu bakal sulit untuk dikeluarkan kembali dan bisa merusak fisik ponsel.

Samsung sendiri disinyalir sudah mengetahui masalah tersebut saat meluncurkan Galaxy Note 5. Buku manual dalam Galaxy Note 5  menegaskan agar pena stylus S-Pen tidak boleh dipasang terbalik karena bisa merusak unit smartphone maupun stylus.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Phandroid
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.