Kompas.com - 09/02/2016, 14:36 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Satu lagi kesamaan manusia dan orangutan, yakni sama-sama bisa main konsol game Xbox. Setidaknya hal itu yang diharapkan oleh tim peneliti dari University of Melbourne, Australia.

Mereka menguji coba kemampuan itu pada Malu, seekor orangutan jantan berusia 12 tahun yang tinggal di Melbourne Zoo, Australia.

Menggunakan teknologi interaktif, peneliti memicu kemampuan Malu berpikir, bersemangat, dan berinteraksi sosial, saat dikurung di sel tahanan.

Dilansir KompasTekno, Selasa (9/2/2016) dari HuffingtonPost, peneliti kemudian memperkenalkan game Xbox dengan Kinect pada Malu.

Tak serupa Xbox yang dimainkan manusia, Xbox untuk Malu dirancang sedemikian rupa dengan menyematkan beberapa sensor gerak sebagai pengontrol.

Dari penuturan tim peneliti, Malu tampak aktif menekan dan mengelus cahaya-cahaya yang diproyeksikan ke lantai sel kurungannya. Hal itu memunculkan beragam respons.

"Ini mengindikasikan orangutan memiliki hasrat menggunakan lebih dari tangan mereka untuk berinteraksi," kata perwakilan tim peneliti.

Lebih lanjut, tim peneliti mengakui saat ini kemampuan Malu bermain Xbox masih sangat dasar dan perlu lebih banyak rangsangan dan latihan. Ke depan, peneliti mengatakan bakal mengeksplor kemampuan game Malu.

Harapannya, suatu hari nanti orangutan bisa benar-benar berinteraksi dengan manusia layakanya di film-film kartun imajinatif. Misalnya, orangutan dan manusia bisa duel game dengan kemampuan sebanding.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Huff Post

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.