Kompas.com - 12/02/2016, 00:00 WIB
Google Cardboard, Headset VR buatan sendiri dari bahan kardus GoogleGoogle Cardboard, Headset VR buatan sendiri dari bahan kardus
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Google sedang mengerjakan sebuah headset virtual reality (VR) baru. Beda dengan Cardboard atau sejenisnya, kacamata VR kali ini dirancang supaya bisa dipakai tanpa bantuan smartphone.

Total ada dua jenis headset yang sedang dikerjakan. Keduanya sama-sama bisa digunakan tanpa harus dihubungkan ke smartphone, komputer, atau konsol game.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechRadar, Jumat (12/2/2016), headset yang bisa bekerja sendiri, tanpa harus terhubung ke perangkat lain, bisa memberikan kebebasan pada pengguna. Bahannya pun bukan kardus ala Cardboard.

Bayangkan, pengguna bisa memakainya dan menikmati VR tanpa harus menyiapkan seperangkat PC yang mahal atau membeli konsol tertentu.

Saat ini Oculus Rift saja dibanderol dengan harga 599 dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 8 juta hanya untuk headset. Pengguna masih harus membeli komputer yang harganya mulai dari kisaran 1.000 dollar AS atau setara Rp 13 juta untuk bisa merasakan dunia VR.

Bila headset VR mandiri dari Google itu terwujud, tentu akan punya efek besar di pasaran. Apalagi kalau harga yang ditawarkan bisa setengah harga Oculus Rift. Walaupun masih mahal, tapi bisa membuat VR jadi lebih mudah dijangkau.

Soal spesifikasi, kacamata VR mandiri dari Google ini dikatakan memiliki layar sendiri, prosesor berkekuatan besar, dan sebuah kamera yang menghadap ke bagian luar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Headset ini diprediksi akan meluncur pada akhir 2016 atau bisa saja dalam waktu lebih dekat. Tentu saja semuanya masih bergantung pada keputusan Google, dan pengguna cuma bisa menunggu dengan sabar.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber TechRadar
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.