Rahasia Anti-air Galaxy S7 Terungkap Setelah Dibongkar

Kompas.com - 08/03/2016, 12:19 WIB
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Fitur anti air (water-resistant) menjadi salah satu andalan duet Galaxy S7 dan S7 Edge. Meski fitur itu pernah dipatrikan pada Galaxy S5, Samsung mengklaim kali ini kemampuannya jauh lebih memukau.

Dari segi serifikasi, Galaxy S7 memang sudah mengenggam IP68. Sementara Galaxy S5 hanya bersertifikasi IP67.

Lebih lanjut, untuk membuktikan kehebatan water-resistant Galaxy S7, YouTuber JerryRigEverything mengoprek bagian dalam flagship teranyar tersebut, sebagaimana dilaporkan BGR dan dihimpun KompasTekno, Selasa (8/3/2016).

Dari sisi paling luar, panel kaca Galaxy S7 tampak berupaya menghadang air masuk ke organ perangkat. Hal itu dimungkinkan lapisan lem super lengket dan solid yang berceceran di semua tepi panel sisi dalam Galaxy S7.


Galaxy S7 juga tak memasang tutup pelindung pada port USB dan headphone, seperti yang dilakukan pada Galaxy S5. Hal tersebut dimungkinkan segel karet yang melindungi sisi dalam tiap lubang konektor.

"Tim kami berpikir untuk menghadang air bukan cuma dari luar, tapi juga dari dalam. Sekarang pengguna nggak perlu lagi repot-repot membuka tutup cover untuk mengisi baterai," kata Director Marketing Samsung Indonesia Vebbyna Kaunang, beberapa saat lalu.

Untuk melindungi kisi-kisi speaker, Samsung menempatkan layar pelindung tepat dibaliknya Layar tersebut berfungsi mengusir air yang hendak masuk. Di saat bersamaan, layar itu tak akan menghalangi audio keluar ke speaker. Audio tak bakal jadi sumbang atau cempreng.

Fatimah Kartini Bohang Tampak bawah Samsung Galaxy S7 Edge

Meski kemampuan anti airnya sudah lebih canggih, masih ada catatan penting yang perlu diingat pengguna Galaxy S7. Pertama, tak diperkenankan mengajak Galaxy S7 berenang ke kedalaman lebih dari 1,5 meter. Perangkat juga tak boleh berendam di air lebih dari 30 menit.

Kedua, motherboard di dalam perangkat tak anti air. Jika air sampai mengenai organ utama tersebut, hardware akan rusak. Kabar baiknya, Galaxy S7 juga menyematkan stiker di dekat tiap-tiap lubang port. Stiker itu berfungsi sebagai indikator untuk memperingati pengguna.

Ketika stiker itu menyala, pengguna akan sadar bahwa air sudah masuk ke dalam perangkat dan Galaxy S7 harus lekas diangkat ke tempat kering.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.