Dibekali Pemblokir Iklan, Browser Opera Jadi Lebih Kencang

Kompas.com - 11/03/2016, 07:49 WIB
Salah satu ruangan di kantor Opera Software di Oslo, Norwegia Opera.comSalah satu ruangan di kantor Opera Software di Oslo, Norwegia
Penulis Deliusno
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Browser atau peramban internet pada umumnya harus ditambahi aplikasi tambahan dari pihak ketiga apabila pengguna ingin memblokir iklan (ad-blocking).

Namun, hal tersebut sudah tidak berlaku di browser Opera versi desktop. Pasalnya, software Opera versi developer untuk PC baru saja hadir dengan fitur pemblokir iklan yang terintegrasi langsung dalam browser.

Itu artinya, pengguna Opera untuk PC sudah tidak perlu menginstalasi aplikasi dari pihak ketiga jika ingin memblokir iklan.

Dengan hadirnya fitur tersebut, Opera mengklaim sebagai yang pertama menghadirkan fitur ad-blocking di browser untuk PC di antara produk sejenis

Menurut klaim Opera, sebagaimana KompasTekno rangkum dari keterangan tertulis yang diterima, Kamis (10/3/2016), fitur pemblokir iklan ini turut meningkatkan kinerja peramban sehingga menjadi lebih gesit.

Waktu loading sebuah situs web bisa dipersingkat hingga 90 persen lebih kencang dari biasanya.

Teknologi ini juga diklaim mampu memberikan pengalaman browsing 40 persen lebih cepat dibandingkan dengan ekstensi pemblokir iklan dari pihak ketiga.

Kinerja tersebut dimungkinkan karena proses filtering atau pemblokiran terjadi di level web-engine. Peramban pun dapat mendapat kendali penuh atas proses loading suatu halaman web. Hal ini tidak dapat dilakukan oleh ekstensi pemblokir iklan dari pihak ketiga.

“Iklan memang menghidupkan Internet, memungkinkan banyak layanan bisa disediakan secara gratis untuk pengguna. Tapi, sebagaimana ditunjukkan riset terbaru kami, kebanyakan halaman web saat ini secara signifikan diperlambat oleh banyaknya iklan dan tracking. Kami tidak mau menerima hal ini--kami ingin web bisa menjadi tempat yang lebih baik untuk kita semua, sebagai pengguna,” ujar Krystian Kolondra, SVP of Engineering and Head of Opera for Computers.

Cara menggunakan fitur ini cukup mudah. Selagi menjelajah di internet, pengguna akan dihadapkan dengan sebuah kotak dialog. Nah, melalui kotak dialog ini, pemblokir iklan bisa dinyalakan.

Sebagai tambahan, ada juga sebuah layar benchmark berisi penghitungan soal seberapa banyak waktu loading halaman yang dihemat dengan adanya pemblokiran iklan tersebut.

Belum diketahui apakah fitur ini bakal hadir juga di Opera versi mobile atau tidak.

Untuk mengunduh Opera untuk PC versi developer, silahkan kunjungai tautan berikut ini.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X