Kompas.com - 31/03/2016, 13:37 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com — Smartphone terbaru Apple, iPhone SE, ternyata tidak sepenuhnya baru. Sebab, hardware di dalamnya menggunakan komponen-komponen yang sudah dipakai di model iPhone sebelumnya.

Hal itu terungkap setelah situs Chipworks memereteli hardware iPhone SE, seperti dikutip KompasTekno dari Gizmodo, Kamis (31/3/2016).

Seperti diketahui, chip A9 yang dipakai iPhone SE sebelumnya sudah dipakai di ponsel flagship Apple, yaitu iPhone 6S. Sementara itu, RAM 2 GB dan kontroler NFC yang ada di dalamnya juga berasal dari iPhone 6S.

Untuk panel layar, karena menggunakan layar ukuran 4 inci, maka Apple tak perlu membuat panel baru lagi, cukup menggunakan komponen layar milik iPhone 5S yang memiliki ukuran dan resolusi yang sama.

Meski demikian, di beberapa bagian hardware, iPhone SE menggunakan komponen yang baru, seperti memori flash 16 GB buatan Toshiba, serta sistem manajemen daya yang telah diperbarui.

Dengan sistem manajemen daya yang baru itu, Apple berharap, baterai iPhone SE menjadi lebih hemat dari sebelumnya, yakni di model iPhone 5S.

Secara keseluruhan, iPhone SE adalah ponsel kencang dengan bodi mini yang menurut Apple sedang diinginkan oleh banyak konsumennya saat ini.

Untuk melihat lebih lanjut iPhone SE yang dipereteli oleh Chipworks, kunjungi tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber Gizmodo


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.