Kena Protes, Siri Kini Lebih Peka Soal Isu Pemerkosaan

Kompas.com - 04/04/2016, 10:20 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Beberapa saat lalu kritik pedas menghantam asisten digital Siri buatan Apple. Siri dianggap tak bisa diandalkan untuk merespons hal-hal sensitif.

Misalnya soal depresi, pemerkosaan, kekerasan seksual, dan hal-hal lain yang berhubungan. Jika ada yang curhat sedang depresi atau telah diperkosa, Siri malah menjawab tak paham dengan hal tersebut.

Isu ini dikaji secara mendalam oleh "Journal of American Medical Association". Melalui penelitian, terkonfirmasi bahwa Siri memang belum cukup cerdas untuk jadi teman virtual kaum manusia.

Tak cuma menyindir Siri, penelitian tersebut mengkaji performa asisten digital lain yang dianggap payah. Antara lain Samsung S Voice dan Google Now.

Alhasil, Apple bergerak cepat. Pabrikan Cupertino tersebut menjalin kerjasama dengan jaringan pemerkosaan dan kekerasan seksual di Amerika Serikat untuk mencerdaskan Siri dalam merespons hal-hal terkait.

Kini, Siri sudah diperbarui. Apple mengklaim asisten digitalnya akan lebih peka dan responsif ketika diajak curhat soal pemerkosaan, kekerasan seksual, atau depresi.

Bahkan, Siri sudah bisa menghubungkan pengguna yang mengalami kekerasan seksual ke nomor telepon "National Sexual Assault". Namun, hal ini baru dimungkinkan di Amerika Serikat.

Tiga tahun lalu kritik serupa pernah dialamatkan ke Siri. Kala itu ada pengguna yang ingin bunuh diri dengan melompat dari jembatan. Bukannya melarang, Siri justru memberi informasi jembatan-jembatan terdekat dari lokasi sang pengguna. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Jezebel



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.