Resmi Dicaplok Foxconn, Sharp Fokus Produksi "Layar iPad"

Kompas.com - 04/04/2016, 13:08 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sejak pertengahan Februari 2016, Foxconn telah memenangkan akuisisi terhadap Sharp. Namun, penandatanganannya belum berlangsung. Nilai akuisisi pun belum diumbar resmi.

Awal April ini urusan bisnis kedua perusahaan teknologi lintas negara menjadi jelas. Foxconn resmi mencaplok Sharp dengan nilai 3,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 46 triliun.

Angka itu lebih lebih rendah dari rumor yang beredar sebelumnya, yakni berkisar antara Rp 74 triliun hingga Rp 83 triliun.

Dalam konferensi pers yang dilaporkan Reuters dan dihimpun KompasTekno, Senin (4/4/2016), CEO Foxconn Terry Gou sudah punya strategi jitu membuat Sharp kembali untung.

Ke depan, kata Gou, Sharp bakal diproyeksikan untuk fokus memproduksi teknologi layar IGZO alias "indium gallium zinc oxide". Teknologi itu digunakan pada beberapa perangkat kawakan seperti iPad buatan Apple.

Menurut Gou, IGZO lebih unggul ketimbang OLED alias "organic light-emitting diode". Selain karena tampilannya yang lebih ramah mata, IGZO juga diklaim lebih efisien energi ketimbang OLED.

Gou bahkan sudah merencanakan Sharp bakal memproduksi 60 persen layar berteknologi IGZO dan 40 persen OLED di masa depan.

"Saya punya peta yang jelas di hati (terkait masa depan Sharp)," kata Gou. "Jika kami tak bisa membawa perubahan pada Sharp, kompetitor global kami akam memakan kami hidup-hidup," ia menambahkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.