Kompas.com - 05/04/2016, 09:57 WIB
Lembaga riset IHS membongkar iPhone SE dan mencari tahu harga tiap komponen di dalamnya untuk memperkirakan harga asli ponsel tersebut. IHSLembaga riset IHS membongkar iPhone SE dan mencari tahu harga tiap komponen di dalamnya untuk memperkirakan harga asli ponsel tersebut.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Harga resmi iPhone SE saat ini memang relatif murah. Tapi setelah diselidiki berbagai komponen di baliknya, ternyata harga asli ponsel Apple itu jauh lebih murah dari yang ditawarkan.

Saat ini Apple menawarkan iPhone SE 16 GB dengan harga 399 dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 5,2 juta. Pembongkaran yang dilakukan perusahaan riset IHS, menunjukkan harga aslinya ternyata cuma 160 dollar AS atau setara Rp 2,1 juta.

Versi berikutnya, yaitu iPhone SE 64 GB, memiliki margin harga paling tinggi bila dibandingkan ongkos aslinya.

Apple menawarkan edisi 64 GB dengan harga 499 dollar AS atau setara Rp 6,5 juta. Sedangkan harga asli perangkat genggam tersebut diperkirakan hanya 170 dollar AS atau setara Rp 2,2 juta.

Banderol tersebut menunjukkan betapa Apple mengambil margin keuntungan yang sangat besar untuk setiap unit iPhone terjual. Selisih harga Rp 100 ribu saja bisa dipakai menaikkan harga hingga lebih dari Rp 1 juta.

Baca: Harga Asli iPhone 6S Ternyata Hanya Rp 3 Juta

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Recode, Selasa (5/4/2016), lembaga riset IHS memperkirakan harga asli tersebut dengan cara membongkar iPhone SE dan melacak nama-nama pembuat komponen di dalamnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harga dan nama komponen tersebut antara lain chip seluler Qualcomm 15 dollar AS atau setara Rp 197.000, prosesor A9 seharga 22 dollar AS atau setara Rp 289.000, dan layar 4 inci buatan LG Display 20 dollar AS atau setara Rp 263.000.

Harga layar tersebut jauh lebih murah ketimbang layar iPhone 5S tahun 2013 lalu. Layar iPhone 5S dulu dibuat dengan harga 41 dollar AS atau setara Rp 540.000 per panelnya.

Baca: Spesifikasi iPhone SE Mirip iPhone 6S, Ini Daftar Lengkapnya

Penekanan ongkos pembuatan layar tersebut bisa jadi sebagai antisipasi kegagalan iPhone SE. Setidaknya Apple tidak akan rugi terlalu besar seandainya ponsel baru itu kurang diminati pengguna.

Selain LG Display, Apple juga diketahui mendapat pasokan layar ponsel dari Sharp dan Japan Display Inc.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Sumber Recode

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.