“Rahasia” Game Klasik Nintendo Baru Terungkap Setelah 29 Tahun

Kompas.com - 13/04/2016, 19:24 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno


KOMPAS.com - "Punch Out!!" adalah game klasik untuk konsol lawas Nintendo Entertainment System (NES) yang dirilis pada 1987 atau 29 tahun lalu. Selama hampir tiga dekade sejak kemunculannya, permainan tinju tersebut ternyata masih menyimpan rahasia yang baru ditemukan belakangan ini.

Rahasia dimaksud, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Polygon, Rabu (13/4/2016) adalah petunjuk tersembunyi untuk meng-KO lawan tertentu dengan satu pukulan.

Petunjuk itu diberikan lewat animasi salah satu penonton yang berada di garis depan. Apabila diperhatikan dengan saksama, hanya ada satu penonton yang berjenggot. Penonton itu ditandai dengan bulatan merah pada gambar di atas.

Secara sekilas, penonton tersebut tampak tak bergerak sedikitpun ketika pemain bertanding melawan karakter Piston Honda dan Bald Bull.

Nah, ketika si penonton berjenggot tiba-tiba menunduk, itulah saatnya pemain bisa melancarkan serangan yang bakal meng-KO dua karakter itu dalam satu pukulan.

Sebelumnya, para pemain "Punch Out!!" sudah mengetahui  bahwa kedua lawan itu bisa dikalahkan dengan sekali pukul. Hanya saja, selama ini timing persisnya tidak diketahui dan cuma bisa ditebak-tebak.

Si penonton berjenggot bisa disebut sebagai easter egg yang sengaja disematkan oleh para developer "Punch Out!!" karena timing untuk meng-KO lawan yang ditunjukannya ternyata berlaku konsisten dan bisa diulang.

Penjelasan selangkapnya bisa dilihat dalam video di bawah yang diunggah oleh sang penemu rahasia, seorang pengguna YouTube bernama Midwesternhousewives.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Polygon
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.